Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2019, 17:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengoptimalkan pengembangan infrastruktur pariwisata untuk menarik minat wisatawan berlibur ke Bangka Belitung.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan saat berkunjung ke Redaksi Kompas.com beberapa waktu lalu.

"Yang terpenting adalah ke depan tahun berikutnya, kita sudah berbicara infrastruktur pariwisata. Infrastruktur pariwisata inilah yang kita ingin kembangkan. Karena Rencana Induk Pariwisata kan kita sudah selesai," kata Erzaldi.

Ia mengatakan infrastruktur pariwisata diperlukan untuk mendukung kenyamanan wisatawan berlibur. Erzaldi mengatakan integrasi dan konektivitas antarpulau di Bangka Belitung akan menjadi fokus.

"Ini akan tereksplore ketika infrastrukturnya oke. Ingat, Bangka Belitung ini dilewati oleh ALKI 1. Jarak ke singapura dekat, langsung laut lepas, pulau-pulaunya indah. Kalau tidak didukung infrastruktur pariwisata itu tak nyaman," ujarnya.

Baca juga: 4 Event Wisata Bangka Belitung Masuk Top 100 Calender of Event 2020

Adapun rencana infrastruktur pariwisata yang akan dikembangkan adalah konektivitas antarpulau di Bangka Belitung. Erzaldi mengatakan pihak Bangka Belitung bekerjasama dengan PT. ASDP Indonesia Ferry dalam rangka memperpanjang masa tinggal (length of stay)

"Kenapa ASDP? Konektivitas Bangka Belitung ini melalui beberapa pulau besar yang ditinggali. Kita lagi menggarap tahun depan beberapa infrastruktur," tambahnya.

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan saat berkunjung ke Menara Kompas, Jakarta.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan saat berkunjung ke Menara Kompas, Jakarta.

Kapal ASDP nantinya akan direncanakan singgah ke beberapa pulau-pulau di Bangka Belitung. Menurutnya, rute tersebut akan bisa membuat wisatawan lebih berminat berlibur ke Bangka Belitung.

Selain itu, pihak Pemerintah Provinsi Bangka Belitung akan lebih mengaktifkan penyeberangan kapal feri Mentok - Palembang PP. Erzaldi juga menambahkan, saat ini akses menuju Bangka juga sudah bervariasi setelah adanya rute terbaru dari Damri.

"Dari Jakarta ke Pangkal Pinang sudah ada Damri. Jadi dari Jakarta ke Palembang, lalu ke Mentok. Perjalanan totalnya sekitar 11 jam," ujar Erzaldi.

Rencana lainnya yaitu pembangunan jembatan Bangka ke Sumatera. Dengan jembatan itu, akses Bangka - Sumatera cukup lima menit menyeberang.

Baca juga: Menemukan Ciri Khas Bangka di Pantai Penyusuk

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi kepulauan yang ada di Indonesia. Bangka Belitung memiliki andalan obyek wisata seperti wisata budaya, wisata bahari, dan wisata sejarah.

Beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Bangka seperti Muntok, Toboali dan Pangkalpinang. Sementara di Belitung terkenal dengan Negeri Laskar Pelangi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com