Wishnutama Garap Event, Pelaku MICE Minta Event Internasional Selain di Jakarta dan Bali

Kompas.com - 25/10/2019, 07:00 WIB
Suasana Jazz Gunung tahun 2014. WWW.JAZZGUNUNG.COMSuasana Jazz Gunung tahun 2014.


JAKARTA, KOMPAS.com – Para pelaku pariwisata Indonesia menyetujui rencana Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio untuk memfokuskan event guna menarik lebih banyak wisatawan ke Indonesia.

Menurut Vice President Indonesia Event Industry Council ( IVENDO) Irvan Mahidin Sukamto menaruh harapan besar pada Wishnutama untuk memperbanyak event-event internasional agar diadakan di Indonesia, terutama di daerah selain Jakarta dan Bali.

“Bukan hanya Jakarta, Bali, yang sudah jadi langganan penyelenggaraan semua event, tapi perlu dikembangkan juga daerah-daerah lainnya, kalau bisa juga menggiatkan daerah-daerah yang potensi untuk event conference dan exhibition dibangun,” harapnya.

Baca juga: Apakah Wishnutama Bakal Rombak Calendar of Event Pariwisata?

Menurut Irvan, fokus terhadap event pariwisata selaras dengan program dari Menteri Pariwisata sebelumnya Arief Yahya, yang baru saja meluncurkan Calendar of Event 2020 (CoE).

“Saya kira selaras dengan program Pak Arief Yahya, yang baru saja meluncurkan COE, dengan memfokuskan pada event-event,” kata Irvan ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (24/10/2019).

Ia juga senada dengan Wishnutama yang mengatakan bahwa event akan menjadi daya tarik wisatawan dan berdampak positif pada pariwisata Indonesia.

“Kalau pandangan saya, memang dari dulu event itu sudah men-drive pariwisata. Contoh dengan adanya international, meeting, conference, exhibition atau MICE,” ujarnya.

Irvan menambahkan, terlebih lagi Indonesia kerap menjadi host di acara-acara internasional.

Baca juga: Sederet Pekerjaan Rumah untuk Wishnutama

Ia juga mengatakan, pengeluaran wisatawan baik mancanegara maupun nusantara bisa mencapai 3-4 kali lipat ketika berkunjung ke Indonesia. Mereka rata-rata menghabiskan untuk hotel, transport, makan dan minum, oleh-oleh, dan lainnya.

“Contohnya 3 hari mereka attend conference, bisa habis lebih banyak dari 3 hari leisure, belum lagi mereka untuk entertainment seperti spa dan lainnya,” kata Irvan.

Sementara itu Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Indonesia Congress & Convention Association (INCCA) Iqbal Alan Abdullah mengatakan juga siap mendukung Wishnutama dalam setiap program terutama event-event prioritas apabila INCCA dilibatkan rencana kerja.

“Prinsipnya kami siap mendukung menteri yang baru apabila INCCA dilibatkan dalam rencana kerja 5 tahun ke depan, karena event itu juga sub bagian dari kegiatan MICE,” ujar Iqbal ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (24/10/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X