Tur Sejarah di Hotel Majapahit Surabaya, Tidak Menginap Juga Bisa Ikut

Kompas.com - 10/11/2019, 14:00 WIB
Hotel Majapahit Surabaya https://www.accorhotels.com/B066Hotel Majapahit Surabaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjuangan arek-arek Suroboyo melawan sekutu pada 1945 kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Momen penyobekan bendera Belanda menjadi bendera merah-putih di Hotel Yamato sebagai salah satu momen paling ikonik dari Perjuangan Surabaya 1945. 

Baca juga: Hari Pahlawan, Kisah Hotel Majapahit Surabaya yang Legendaris

Hotel Yamato sampai saat ini masih terus berdiri dan berubah nama menjadi Hotel Majapahit. Hotel ini merupakan saksi bisu dari perjalanan Kota Pahlawan dari waktu ke waktu.

Pemerintah Daerah Kota Surabaya menetapkan hotel yang berada di Jalan Tunjungan Nomor 65 ini sebagai cagar budaya yang patut dipertahankan.

Di dalam hotel terdapat banyak sekali koleksi yang menyimpan nilai sejarah bagi hotel dan Kota Surabaya.

Kabar gembira bagi kamu para pecinta sejarah, hotel yang pada zaman kolonial diberi nama Hotel Oranje ini membuka Heritage Hotel Tour.

Semua orang boleh mengunjungi Hotel Majapahit dan melihat tempat bersejarah yang ada di dalam hotel dengan dipandu staf hotel. 

Baca juga: Hari Pahlawan, Mengenal Rasuna Said Sang Singa Betina dan Martha Christina Tiahahu Berperang di Usia 17 Tahun

Heritage Hotel Tour di Hotel Majapahit Surabaya. Dok. Hotel Majapahit Surabaya Heritage Hotel Tour di Hotel Majapahit Surabaya.

Tur berisi penjelasan sejarah Hotel Majapahit mulai awal berdiri sampai sekarang. Bentuk kegiatannya seperti melihat tempat bersejarah yang ada didalam hotel salah satunya tempat penyobekan Bendera Merah Putih Biru (Bendera Belanda),” jelas Nurul Rachmasari, Assistant Director of Marketing Communications Hotel Majapahit saat di hubungi Kompas.com, Jumat, (8/11/2019).

Saat tur, pengunjung akan dibawa untuk berkeliling hotel. Salah satu ruangan bersejarah adalah aula hotel.

Aula tersebut menjadi tempat berdansa bagi orang-orang Belanda kelas atas sebelum Indonesia merdeka. Di aula pengunjung juga bisa melihat foto Charlie Chaplin saat mengunjungi hotel. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X