Bebek Tugu Pahlawan, Nasi Bebek Andalan dari Kota Pahlawan

Kompas.com - 09/11/2019, 20:00 WIB
Bebek Tugu Pahlawan, kuliner nasi bebek khas Surabaya. Berada tepat di depan pintu masuk Monumen Tugu Pahlawan. KOMPAS.com / Gabriella WijayaBebek Tugu Pahlawan, kuliner nasi bebek khas Surabaya. Berada tepat di depan pintu masuk Monumen Tugu Pahlawan.


KOMPAS.com - Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon dari Surabaya untuk memperingati para pahlawan Surabaya yang gugur.

Berada di dekat titik nol kota Surabaya, Tugu Pahlawan menjadi patokan untuk menemukan salah satu makanan bebek yang sering diincar di Surabaya.

Baca juga: Berburu Bebek Goreng di Surabaya, Ini 4 Pilihan Kedai Nasi Bebek

Pengunjung biasanya memadati sepetak warung sederhana yang menyajikan nasi bebek di depan Monumen Tugu Pahlawan.

Warung yang ini terlihat dipadati pengunjung pada jam makan malam. Menjelang petang, warung ini dipenuhi pelanggan dari dalam dan luar kota Surabaya.

Bebek Tugu Pahlawan terasa akrab di telinga arek-arek Suroboyo. Nasi bebek ala Madura ini dihidangkan dengan bumbu kuning atau bumbu dari parutan kelapa yang digoreng tanpa minyak hingga harum.

Baca juga: Mencicipi Unik dan Lezatnya Sate Bebek Khas Cibeber

Sebelum dihidangkan dalam sepiring nasi bebek, pengunjung bebas untuk memilih bagian bebek mana yang akan disantap.

Di dalam kedai digelar berbagai wadah yang berisi bagian paha super dengan ukuran lebih besar, paha, dada, protolan (bagian daging yang lepas saat proses dimasak), dan jeroan.

Pramusaji dengan cekatan akan mempersiapkan nasi bebek sesuai pesanan pengunjungnya lengkap dengan lalapan seperti irisan timun.

Para pengunjung harus sabar mengantre jika ingin menyantap nasi bebek satu ini.

Bebek yang super empuk ini disajikan bersama nasi hangat dan lalapan segar. Nasi bebek Surabaya yang identik dengan bumbu hitam tidak disajikan dalam kedai ini melainkan serundeng atau parutan kelapa yang disangrai hingga warnanya kekuning-kuningan.

Baca juga: Cobain Sate Klopo Khas Surabaya

Pada suapan pertama akan sangat tercium sedikit aroma amis dari bebek, namun tenang saja rasa tersebut akan segara ditutup dengan bumbu dan rempah yang terasa sangat gurih.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X