Pengendara Motor Indonesia yang Keliling Dunia Singgah di Brunei Darussalam

Kompas.com - 10/12/2019, 17:03 WIB
Jeffrey Polnaja, pengendara motor solo keliling dunia dari Indonesia. Dok. Kemenlu RIJeffrey Polnaja, pengendara motor solo keliling dunia dari Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor secara solo asal Indonesia Jeffrey Ronny Polnaja, singgah selama 5 hari di Brunei Darussalam saat melakukan perjalanan "Ride for Peace".

Perjalanan yang dilakukan Jeffrey, mengelilingi dunia di sepanjang garis khatulistiwa dengan melintasi negara-negara tropis. Oleh karena itu perjalanan tersebut dinamakan sebagai "Equatoride". Perjalanan ini juga akan menjadi perjalanan keliling dunia ke tiga bagi Jeffrey.

“Melalui perjalanan ini, saya berharap dapat mempromosikan perdamaian di seluruh dunia, dan memperkuat hubungan antarwarga, khususnya pada saat ini antara Indonesia dan Brunei,” kata Jeffrey sesuai siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (7/12/2019).

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga Brunei atas keramah-tamahan mereka selama kunjungannya.

Pembalap berusia 57 tahun itu memasuki Kesultanan pada 28 November 2019 di Sungai Tujoh, Belait, setelah berkendara melalui Malaysia dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Selama kunjungannya di Bandar Seri Begawan, Jeffrey berpartisipasi dalam sejumlah acara yang dimaksudkan untuk menyebarkan pesan perdamaian dan menjalin persahabatan baru melalui pertemuan dengan warga Brunei dan Indonesia.

Baca juga: 6 Pantai Indah di Pacitan, Cocok untuk Wisata Touring Saat Libur

Acara-acara itu mencakup International Capital Bike Week di Dermaga Diraja Waterfront dan Pusat Bandar. Di sana Jeffrey berbagi pengalaman dan kiat-kiat berkendara yang aman pada Sabtu (30/11), dua sesi berbagi dengan warga Indonesia pada dua kesempatan terpisah pada Minggu (1/12), satu sesi berbagi dengan warga Brunei dan satu wawancara radio pada Senin (2/12).

Jeffrey Polnaja, pengendara motor solo keliling dunia dari Indonesia. Dok. Kemenlu RI Jeffrey Polnaja, pengendara motor solo keliling dunia dari Indonesia.

Selama singgah di Brunei Darussalam, ia difasilitasi oleh Kedutaan Besar
Indonesia dan komunitas pengendara motor di Brunei, Veteran Bike Clubs dan Pemoda.

Duta Besar Republik Indonesia, Dr. Sujatmiko, menyampaikan harapan agar Jeffrey dapat terus menjadi duta Indonesia yang baik untuk membantu mempromosikan negara ini sebagai negara yang damai dan enerjik kepada dunia.

Brunei adalah negara kedua yang ia kunjungi selama perjalanan "Equatoride" sebelum melanjutkan ke Filipina, Timor Leste, Australia, Filipina, dan kemudian menuju negara-negara Pasifik, Amerika Selatan, Afrika, Asia Selatan, dan Asia Tenggara sebelum mengakhiri perjalanannya di Indonesia.

Jeffrey Polnaja adalah pengendara motor Indonesia pertama yang mengelilingi dunia secara solo, dan merupakan satu dari hanya lima pengendara jarak jauh di dunia.

Perjalanan keliling dunia pertamanya pada tahun 2006 - 2015 membawanya melewati 420.000 kilometer jalan beraspal dan tidak beraspal.

Dia berhasil mengatasi banyak tantangan saat melewati 97 negara melalui medan jalan terjal dan daerah yang terdampak perang seperti Timur Tengah dan Afghanistan.

Dalam perjalanan “Equatoride: Menjahit Dunia, Ride for Peace” Jeffrey akan melakukan perjalanan melewati 25 negara tropis antara 23,5 derajat Lintang Utara dan 23,5 derajat Lintang Selatan selama dua tahun (2019-2021).

Baca juga: 5 Keuntungan Traveling Menggunakan Motor



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X