Kompas.com - 25/12/2019, 12:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) bisa diamati di beberapa wilayah di Indonesia pada 26 Desember 2019.

Khusus Jakarta, meski tak bisa melihat gerhana matahari cincin, masih terdapat gerhana matahari parsial (GMP) yang menarik untuk disaksikan.

Adapun pengamatan gerhana matahari bisa dilakukan di dua tempat ini.

Lokasi pertama di Planetarium dan Observatorium Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Tempat ini dibuka untuk umum.

Baca juga: Catat, Waktu Terbaik Melihat Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019

Kamu cukup datang ke Plaza Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya, No. 73, Menteng, Jakarta Pusat. Acara yang berlansung mulai pukul 07.00-16.00 WIB ini gratis.

Planetarium juga menyediakan kacamata khusus untuk mengamati gerhana matahari untuk pengunjung yang sudah melakukan registrasi online. Jumlah kacamata gratis ini terbatas.

Pendaftaran online sudah dibuka sejak 13 Desember lalu melalui situs dan media sosial Planetarium dan Observatorium Jakarta. Sementara registrasi on the spot dibuka pada 26 Desember mulai pukul 07.00 WIB.

Di acara tersebut akan disediakan sekitar 10 teleskop yang bisa digunakan oleh masyarakat umum dengan didampingi mentor dari Planetarium dan komunitas astronomi.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

[PENGAMATAN UMUM GERHANA MATAHARI PARSIAL 2019] Terbuka untuk UMUM dan GRATIS! bagi teman-teman yang tidak mendapatkan kuota pendaftaran sejak pekan lalu, jangan khawatir, teman-teman tetap boleh kok datang ke lokasi untuk melihat fenomena Gerhana Matahari Parsial. . Kami sediakan 10 teleskop yang telah dilengkapi oleh filter khusus Matahari. Pengamatan akan dipandu oleh staf @planetariumjkt dan komunitas astronomi seperti @haaj.84 @kirfosca @forumastronomi . Akan hadir pula dua narasumber ahli yang akan memberikan informasi serta fakta-fakta ilmiah seputar fenomena gerhana. . Gerhana Matahari semacam ini baru akan terlihat kembali di Jakarta pada tahun 2023 loh! Jadi, jangan lewatkan kesempatan esok hari ya! Ajak keluarga dan teman-teman ke Planetarium dan Observatorium Jakarta. . Semoga langit cerah!! ???? Aamiin

Sebuah kiriman dibagikan oleh Planetarium & ObservatoriumJkt (@planetariumjkt) pada 24 Des 2019 jam 3:53 PST

Selain di Planetarium, kegiatan pengamatan gerhana matahari juga dilangsungkan di Taman Mini Indonesia Indah, atau tepatnya di Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK).

Di sini, acara dimulai pada pukul 10.30 – 14.30 WIB. Seperti di Planetarium, acara berlangsung gratis.

Baca juga: Gerhana Matahari Total, Momentum Bangun Kelanjutan Pariwisata

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.