Wisata Terbaru di Singapura, Naik ke Atas Pohon Tertinggi Gardens by The Bay

Kompas.com - 30/12/2019, 12:11 WIB
Supertree Observatory Dok. Gardens by The BaySupertree Observatory

KOMPAS.com – Dek atau teras observasi baru dibuka di Gardens by the Bay Singapura. Dari area pengamatan ini, pengunjung bisa melihat kota Singapura dari ketinggian, termasuk area Marina Bay yang terlihat dengan jelas.

Seperti dilansir dari Straitstimes.com, dek observatorium bertajuk Supertree Observatory ini telah dibuka sejak Jumat (27/12/2019). Di antara 18 pohon besar yang ada di Gardens by the Bay, observatorium ini didirikan di atas pohon tertinggi.

Baca juga: 13 Aktivitas Liburan di Singapura dan Pilihan Tempat Wisata

Tingginya pun mencapai 50 meter. Tempat ini juga memiliki dua lantai, area dek tertutup dengan AC dan area rooftop dengan konsep terbuka.

Para pengunjung akan dibawa menuju dek observatorium dengan menggunakan lift yang tersembunyi di dalam batang pohon.

Dek bagian bawah terdapat area dalam ruangan yang memiliki jendela kaca tinggi, sebuah walkway outdoor, dan kafe. Ada juga empat panel video di sepanjang jendela yang menampilkan efek perubahan iklim.

Supertree ObservatoryDok. Gardens by The Bay Supertree Observatory

Fitur canggih lainnya adalah pengunjung bisa mengunduh aplikasi Supertree Observatory yang tersedia di smartphone. Aplikasi tersebut bisa menampilkan augmented reality yang menyediakan informasi soal observatorium tersebut.

jika pengunjung menyisir area langit dengan kamera ponsel, maka akan muncul berbagai macam landmark Singapura. Misalnya, Singapore Flyer yang lengkap dengan informasi soal landmark yang ditampilkan.

Baca juga: Serba Instagramable, Contek Itinerary Wisata 2 Hari di Singapura Ini

Dibutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk membangun tempat ini menjadi observatorium. Tempat ini dibangun untuk melengkapi OCBC Skyway, walkway sepanjang 128 meter dan tinggi 22 meter ini yang memiliki kapasitas terbatas.

OCBC Skyway hanya mampu mengakomodasi 80 orang sekaligus. Sementara itu, observatorium ini mampu menahan hingga 120 orang. Sebelum menjadi observatorium, tempat ini dimiliki oleh restoran IndoChine.

Area Supertree Observatory di Gardens by the Bay Singapura yang baru saja dibuka 27 Desember 2019Dok. Gardens by the Bay Area Supertree Observatory di Gardens by the Bay Singapura yang baru saja dibuka 27 Desember 2019

Observatorium ini didesain futuristik dan modern. Skyway punya kapasitas yang terbatas dan sangat bergantung pada cuaca. Namun observatorium baru ini punya area indoor dan outdoor yang membuatnya lebih lengkap,” jelas Senior Director of Conservatory Ng Boon Gee, seperti dikutip Straitstimes.com

Dek observasi ini beroperasi mulai dari pukul 09.00 – 21.00 waktu setempat. Dengan waktu terakhir pengunjung bisa memasuki area adalah pukul 20.30.

Baca juga: 10 Street Food Khas di Singapura, Sudah Pernah Coba Semua?

Tiket masuknya dibanderol harga 10 dolar Singapura (setara Rp 103.000) untuk anak-anak dan 14 dolar Singapura (setara Rp 144.000) untuk orang dewasa.

Selain itu, harga juga bervariasi tergantung umur pengunjung dan akan lebih murah bagi pengunjung yang memiliki keanggotaan Gardens by the Bay. Tiket bisa dibeli di www.gardensbythebay.org.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X