Jelang Tahun Baru, Nonton Pagelaran Wayang Kulit di TMII

Kompas.com - 31/12/2019, 21:58 WIB
Pagelaran wayang kulit yang dilakukan di Anjungan Jawa Timur sebagai salah satu hiburan perayaan tahun baru di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (31/12/2019). Pagelaran wayang kulit tersebut bercerita tentang Bedah Lokapala. KOMPAS.com/Nabilla TashandraPagelaran wayang kulit yang dilakukan di Anjungan Jawa Timur sebagai salah satu hiburan perayaan tahun baru di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (31/12/2019). Pagelaran wayang kulit tersebut bercerita tentang Bedah Lokapala.

KOMPAS.com - Pagelaran wayang kulit yang dilakukan di Anjungan Jawa Timur sebagai salah satu hiburan perayaan tahun baru di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, disiarkan secara live.

Jadi, apabila kamu tidak bisa datang ke TMII untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit ini, kamu tidak perlu khawatir.

Baca juga: Acara Tahun Baru di TMII, dari Campur Sari sampai Kembang Api

Pagelaran wayang kulit tersebut bercerita tentang "Bedah Lokapala". Kamu bisa menyaksikannya secara langsung melalui akun YouTube resmi milik Anjungan Jawa Timur dengan nama akun yang sama.

Pagelaran wayang tersebut dibawakan oleh dalang Ki Putut Puji Agusseno. Berdasarkan pantauan Kompas.com, pagelaran tersebut tidak hanya disaksikan oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Salah satu pengunjung bernama Octavio sengaja membawa seluruh keluarga untuk melihat pertunjukan wayang tersebut. Pasalnya, sebagai orang Jawa Timur asli, dia merasa harus melihat pertunjukan tersebut.

"Saya datang bersama keluarga dan juga bawa anak-anak untuk mengedukasi mereka soal kesenian wayang kulit," kata Octavio saat ditemui Kompas.com di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (31/12/2019).

Baca juga: Rela Menanti Kembang Api TMII dalam Guyuran Hujan

Octavio mengatakan bahwa selain menonton pertunjukan wayang kulit untuk mengedukasi anak-anak, tetapi juga sebagai bentuk rasa cintanya terhadap kesenian tersebut.

Pagelaran wayang kulit merupakan sebuah kesenian yang dapat dinikmati oleh semua umur. Tidak hanya sebagai sebuah kesenian semata, tetapi juga sebagai suatu hiburan tersendiri dengan berbagai macam cerita yang dipertontonkan melalui setiap wayang kulit yang digunakan.

Oleh karena itu, pagelaran wayang kulit juga dijadikan sebagai hiburan pengisi waktu luang di kala pengunjung TMII sedang menunggu pesta kembang api dimulai di Danau Arsipel Indonesia pukul 24:00 WIB.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X