Kompas.com - 19/01/2020, 20:40 WIB
Peta Nigeria. ShutterstockPeta Nigeria.


KOMPAS.com - Nigeria mungkin memegang tingkat ekonomi terbesar di Afrika. Namun, paspor Nigeria termasuk salah satu yang terlemah di benua itu.

Baca juga: Pemohon Paspor dengan Syarat Berikut Dapat Prioritas di Festival Keimigrasian 2020

Dilansir laman Quartz, selama satu dekade terakhir, paspor Nigeria mengalami penurunan peringkat terburuk pada Henley Passport Index.

Paspor Nigeria turun 19 peringkat selama 10 tahun terakhir. Salah satunya penyebab penurunan adalah hilangnya dua negara bebas visa untuk Nigeria.

Secara regional, Afrika menyumbang empat dari tujuh penurunan peringkat terbesar dalam Henley Passport Index sejak 2010.

Peringkat terbesar yang menurun pada Henley Passport Index sejak 2010 seperti, Nigeria turun 19 tingkat, Syria turun 18 peringkat, Sierra Leone turun 16, dan Libya serta Yemenyang sama-sama turun 15.

Kemudian ada Pakistan dan Gambia yang tunun 14 peringkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam beberapa kasus, kekuatan paspor dipengaruhi oleh konflik lokal dan kekhawatiran keamanan. Seperti dalam kasus Libya yang telah turun 16 tempat sejak 2010 dan Mali yang turun 13 peringkat.

Namun, secara umum, penurunan kekuatan negara-negara Afrika sebagian besar karena negara di kawasan lain memudahkan perjalanan dengan timbal balik. Hal itu turut menguatkan lebih cepat paspor masing-masing negara.

Baca juga: Paspor Paling Langka di Dunia, Hanya 500 Orang yang Punya

Henley & Partners, konsultasi kependudukan dan kewarganegaraan yang menyusun indeks, mengungkapkan, terdapat peningkatan substansial dalam jumlah negara yang dapat dikunjungi rata-rata individu tanpa perlu visa.

Selain itu, banyak kemajuan, terutama bagi pemegang paspor di negara berkembang. 

Halaman:


Sumber Quartz
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.