Turis Indonesia Bisa Ajukan E-Visa Gratis ke Rusia Mulai 2021

Kompas.com - 07/02/2020, 21:02 WIB
Sebanyak 53 negara, termasuk Indonesia, berkesempatan untuk mendapatkan e-visa secara mudah dan gratis ke Rusia. Mikhail JaparidzeSebanyak 53 negara, termasuk Indonesia, berkesempatan untuk mendapatkan e-visa secara mudah dan gratis ke Rusia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemegang paspor Indonesia masuk ke dalam 53 negara yang dimudahkan Pemerintah Rusia untuk berkunjung ke Negeri Beruang Merah mulai tahun depan.

Pasalnya, per 1 Januari 2021, Pemerintah Rusia memudahkan dan menggratiskan para pemegang paspor 53 negara tersebut untuk mengajukan visa elektronik ( e-visa) ke Rusia.

Dilansir dari laman The Moscow Times, e-visa berdurasi selama 16 hari tersebut berlaku untuk rakyat Uni Eropa dan negara-negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

Baca juga: Cegah Wabah Virus Corona, Rusia Larang Kunjungan Pelancong dari China

Namun, pemegang paspor Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada belum bisa mendapatkan fasilitas e-visa karena tensi geopolitik.

"Keputusan untuk mencakup hanya beberapa negara tertentu ke dalam daftar ini didasarkan pada beberapa faktor, termasuk kebijakan visa mereka terhadap warga Rusia," ujar Wakil Menteri Luar Negeri Rusia pada sebuah wawancara, Kamis (6/2).

"Pada tahap ini, belum akan ada perubahan pada daftar tersebut," imbuhnya.

Baca juga: Turis Rusia ke Indonesia Semakin Meningkat, Ini Destinasi Favoritnya

Kendati demikian, Rusia tidak menutup kemungkinan ketiga negara tersebut akan masuk ke dalam daftar e-visa gratis, selama dialog visa antara Rusia dan mereka kembali normal.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, berjanji memberikan e-visa pada wisatawan mancanegara mulai 2021. Aturan ini bertujuan untuk mengejar target 15,5 miliar dolar AS pendapatan pariwisata tahunan pada 2024.

Selama ini, para wisatawan mengeluhkan sulitnya mendapatkan visa sebagai salah satu halangan terbesar ke Rusia.

Baca juga: 7 Oleh-oleh Khas Rusia, dari Selendang sampai Makanan Luar Angkasa

Calon wisatawan Rusia disarankan mengajukan e-visa ke situs web Kementerian Luar Negeri Rusia empat hari sebelum kedatangan. Tidak perlu khawatir, pemohon e-visa tidak akan dikenakan biaya konsuler.

E-visa gratis dan mudah terbuka bagi khalayak dari negara-negara termasuk Tiongkok, India, Indonesia, Jepang, Mexico, Singapura, dan lain-lain.

Sejak 2017, pemegang paspor dari 18 negara bisa mendapatkan e-visa single entry untuk mengunjungi Distrik Federal Timur Jauh Rusia. Pada 2019, cakupan wilayah e-visa diperluas hingga ke St. Petersburg dan Kaliningrad.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X