Ada Tenaga Medis di Purwokerto Diusir dari Kostan, Aksara Homestay Beri Penginapan Gratis

Kompas.com - 02/04/2020, 17:03 WIB
Kamar di Aksara Homestay Purwokerto yang dijadikan tempat tinggal tenaga medis tangani pasien corona. Aksara Homestay PurwokertoKamar di Aksara Homestay Purwokerto yang dijadikan tempat tinggal tenaga medis tangani pasien corona.


JAKARTA, KOMPAS.com - Bantuan untuk tenaga medis virus corona semakin hari kian bertambah. Bantuan datang dari berbagai industri salah satunya penyedia penginapan atau hotel.

Aksara Homestay yang terletak di Purwokerto, Jawa Tengah, berbagi cerita tentang niat baik membantu tenaga medis. 

Mereka menutup operasional homestay dan mengalihkannya untuk tempat tinggal tenaga medis tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Sudah sejak Kamis malam tanggal 26 Maret, Aksara Homestay sudah alih fungsi menjadi tempat menginap tenaga medis yang menangani corona," kata pemilik Aksara Homestay, Brili Agung, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Baca juga: Restoran Mama Chew Bali Turut Serta Memasak Makanan untuk Tenaga Medis

Brili kemudian bercerita bahwa awalnya, Aksara Homestay dipersiapkan untuk tempat karantina sementara para pemudik yang datang dari kota-kota besar di luar Purwokerto.

Ia berpikir bahwa para pemudik tersebut bisa saja berisiko menyebarkan virus semakin luas jika tidak dikarantina.

Oleh karenanya, ia awalnya berniat untuk menjadikan homestay miliknya sebagai tempat karantina.

Aksara Homestay Purwokerto yang dijadikan tempat tinggal tenaga medis tangani corona.Aksara Homestay Purwokerto Aksara Homestay Purwokerto yang dijadikan tempat tinggal tenaga medis tangani corona.

"Belum sempat saya usulkan ke beberapa pihak terkait, tiba-tiba ada pesan dari teman yang mengabarkan adanya tenaga medis RSUD Margono Soekarjo yang 'diusir' dari kos-kosan dan kesulitan mencari tempat tinggal," jelasnya.

Mendengar kabar tersebut, Brili langsung memutuskan untuk memberikan penginapan bagi dua tenaga medis itu.

Ia lantas berkoordinasi dengan berbagai pihak dan juga dengan Bupati Banyumas Achmad Husein untuk meminta izin serta arahan agar homestay miliknya dapat jadi tempat tinggal tenaga medis.

Baca juga: Accor Hotels Siapkan 4 Hotel untuk Tenaga Medis Covid-19

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X