Pantai Losari Segera Dibuka Kembali untuk Umum

Kompas.com - 22/07/2020, 08:00 WIB
ILUSTRASI - Matahari terbenam di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Foto diambil pada tahun Desember 2009. Shutterstock/Andreawan TariganILUSTRASI - Matahari terbenam di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Foto diambil pada tahun Desember 2009.

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Makassar akan membuka kembali anjungan Pantai Losari untuk umum.

Kawasan ini ditutup untuk sementara waktu sejak pertengahan Maret 2020 guna meminimalkan risiko penularan Covid-19.

Penjabat Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin saat menerima Tim Advokasi Pedagang Asongan Losari Makassar di rumah dinas di Makassar, Selasa (21/7/2020), mengatakan bahwa pembukaan kembali anjungan Pantai Losari merupakan bagian dari proses adaptasi menuju kebiasaan baru.

Baca juga: Santap Pisang Epe di Tepi Pantai Losari, Ada Pilihan Topping Durian

"Pantai Losari akan kita buka kembali untuk umum tetapi ada syaratnya, yakni penerapan protokol kesehatan sesuai standar WHO," katanya seperti dikutip Antara.

Dia meminta para pedagang sepakat mematuhi protokol pencegahan Covid-19 supaya pemerintah kota bisa membuka kembali anjungan Pantai Losari.

Rudy mengatakan bahwa penularan Covid-19 masih terjadi di Makassar dan upaya untuk mengendalikan penularan penyakit itu membutuhkan partisipasi masyarakat, dalam hal ini dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ia mengemukakan, pemerintah berupaya mengendalikan Covid-19 sekaligus menggerakkan kembali roda perekonomian dengan membuka kembali tempat wisata seperti Pantai Losari.

Guna memastikan pembukaan tempat wisata tidak berdampak buruk pada upaya penanggulangan Covid-19, ia menjelaskan, Pemerintah Kota Makassar akan mengerahkan petugas untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan.

Penjabat Wali Kota meminta Dinas Kesehatan, Camat Ujung Pandang, dan Satuan Polisi Pamong Praja memastikan protokol kesehatan diterapkan dalam kegiatan pariwisata.

"Meski Insya Allah dibuka tetapi sudah tidak kaya dulu. Misalnya jam operasinya dari jam lima sore sampai jam 10 malam. Sarana dan prasarana protokol kesehatan harus ketat. Dan bila mana banyak laporan melanggar, para pedagang harus berbesar hati untuk kita tutup kembali," katanya.

Masjid terapung Amirul Mukminin di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi SelatanShutterstock/muhammadfath Masjid terapung Amirul Mukminin di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X