Kompas.com - 08/12/2020, 19:07 WIB
Air Terjun Tumpak Sewu di Perbatasan Malang-Lumajang, Jawa Timur. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAAir Terjun Tumpak Sewu di Perbatasan Malang-Lumajang, Jawa Timur.

KOMPAS.com – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisa Provinsi Jawa Timur Sinarto memastikan para pelaku usaha pariwisata akan berusaha semaksimal mungkin dalam persiapan menyambut wisatawan di libur akhir tahun 2020 mendatang.

“Pertama, kami melihat ini sebagai peluang untuk teman-teman pariwisata mendapatkan rezeki dari hari libur ini,” kata dia saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/12/2020).

Dirinya telah meminta para pelaku usaha untuk meningkatkan kewaspadaan mereka dalam menjaga protokol kesehatan agar keselamatan wisatawan tetap terjaga.

Baca juga: 6 Tempat Glamping di Jawa Timur, Pas untuk Akhir Pekan

“Protokol kesehatan harus dimaksimalkan, baik di hotelnya, restorannya, maupun di destinasi alamnya,” ujar Sinarto.

Menurut dia, para pelaku usaha secara garis besar pasti sudah mengerti soal protokol apa saja yang harus mereka lakukan.

Untuk memastikan protokol tersebut berjalan dengan baik, provinsi Jawa Timur nantinya akan menggerakkan tim evalusasi yang berasal dari setiap kabupaten/kota. Mereka akan melakukan pengawasan terhadap elemen-elemen yang ada dalam bisnis pariwisata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Itu (tim evaluasi) didorong untuk melakukan pengawasan langsung di tempat-tempat wisata. Sejauh mana mulai dari peralatan, protokol kesehatan, sampai dengan kesiapan tenaga kerja semuanya dalam kondisi memungkinkan untuk melakukan pekerjaan,” sambung Sinarto.

Dua orang peselancar di Pantai Pancer Door, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.shutterstock/Bastian AS Dua orang peselancar di Pantai Pancer Door, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Misalnya, jika tim evaluasi menemukan hal-hal yang dianggap tidak sesuai standard operation procedure (SOP), maka harus ditangani dengan sesuai dan semaksimal mungkin.

Kemudian jika terjadi kekurangan peralatan, Sinarto juga meminta kabupaten/kota untuk bisa membantu karena itu tidak termasuk ke dalam kewenangan provinsi.

Baca juga: Menikmati Sunset di Pantai Pulau Merah Banyuwangi yang Sudah Buka

Dirinya beranggapan bahwa masyarakat pun sudah mengetahui ke mana sebaiknya mereka berwisata nanti. Mereka pasti akan memilih tempat-tempat yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.