Kompas.com - 08/12/2020, 20:31 WIB
Kawah Ijen Jawa Timur. shutterstock.com/mazzurKawah Ijen Jawa Timur.

KOMPAS.com – Jawa Timur memiliki empat daerah yang termasuk ke dalam zona merah Covid-19. Keempat daerah tersebut adalah Kabupaten Jember, Situbondo, Jombang, dan Kota Batu.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Sinarto mengimbau wisatawan untuk menghindari tempat wisata yang berada di daerah-daerah tersebut.

Alternatifnya, Sinarto menyarankan wisatawan untuk pergi ke tempat wisata yang berada di daerah yang termasuk dalam zona oranye dan kuning.

Baca juga: Wisata Goa di Pacitan Sudah Buka, Wajib Pakai Sarung Tangan

“Iya bisa ke zona oranye atau kuning. Malang, Probolinggo, dan Pasuruan itu juga punya tempat yang bagus. Madura juga punya,” kata dia pada Kompas.com, Selasa (8/12/2020).

Seperti tertera dalam pemberitaan di Kompas.com, Rabu (2/12/2020), daerah lain yang termasuk ke dalam zona oranye adalah Sidoarjo, Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Blitar, Kota Probolinggo, Tulungagung, Lamongan, Bondowoso, Kediri, dan Gresik.

Kemudian, ada Ngawi, Nganjuk, Sumenep, Trenggalek, Ponorogo, Banyuwangi, Pasuruan, Magetan, Probolinggo, Kota Mojokerto, Tuban, Pamekasan, Blitar, Malang, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Bojonegoro, Bangkalan, Kota Madiun, Lumajang, Mojokerto, dan Madiun.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, daerah zona kuning yang sebelumnya berjumlah 11 daerah, per Selasa (2/12/2020) berkurang menjadi dua daerah, yakni Pacitan dan Sampang.

Para pengunjung menikmati panorama hutan De Jawatan di Kabupaten Banyuwangi BAGUS SUPRIADI/KOMPAS.COM Para pengunjung menikmati panorama hutan De Jawatan di Kabupaten Banyuwangi

Biasanya wisatawan akan banyak berkunjung ke Kota Batu. Namun saat ini Kota Batu masih termasuk ke dalam zona merah, sehingga bisa dibilang cukup mengkhawatirkan.

“Saya coba ingin evaluasi dalam 1-2 hari ya. Kemarin terakhir ada klaster keluarga. Nah kita coba evaluasi lagi untuk teman-teman Kota Batu sejauh mana klaster itu, Insyaallah bisa dikendalikan,” ujar Sinarto.

Menurut dia, Gubernur Khofifah Indar Parawansa telah memimpin rapat terkait penanggulangan kasus tinggi yang terjadi pada zona-zona merah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X