Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2020, 20:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wisata goa yang termasuk dalam tempat wisata berisiko tinggi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur sudah bisa dikunjungi wisatawan.

“Untuk goa, kita ada protokol kesehatan yang hanya mengizinkan maksimal 30 orang masuk dalam satu waktu,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Pacitan Andi Faliandra kepada Kompas.com, Minggu (25/10/2020).

Selanjutnya, 30 orang tersebut akan diberi waktu selama 25 menit untuk menjelajahi goa dengan memakai masker, sarung tangan, dan didampingi pemandu wisata.

Adapun, pembatasan waktu kunjungan maksimal 25 menit untuk maksimal 30 orang dalam satu waktu berlaku untuk menjelajahi seluruh area goa dan bukan dibatasi per ruang goa yang dimasuki.

Baca juga: 3 Tempat Wisata di Pacitan yang Siap Buka untuk Simulasi

Jika wisatawan lupa membawa sarung tangan, Andi sudah mengarahkan pihak kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk menjual sarung tangan di sana.

“Kita minta Pokdarwis sediakan. Jual dengan standar normal. Tidak boleh ditinggikan karena kita awasi,” ujar dia.

Keindahan batuan di Goa Gong, Pacitan, Jawa Timur dengan warna-warni dari lampu sorot.Nicholas Ryan Aditya Keindahan batuan di Goa Gong, Pacitan, Jawa Timur dengan warna-warni dari lampu sorot.

Goa Gong juga sudah menyediakan pemandu wisata yang sudah terlatih. Mereka pun turut andil dalam pemantauan pergerakan wisatawan.

Andi melanjutkan, khusus untuk Goa Gong yang memiliki tiga “ruangan” untuk dijelajahi, terdapat aturan baru yang wajib dipatuhi wisatawan.

Baca juga: Beiji Park, Spot Selfie Wisata Alam Baru di Pacitan yang Sudah Buka untuk Umum

“Ruang 1 dan Ruang 2 hanya untuk anak-anak dan lansia. Sedangkan usia remaja dan dewasa bisa masuk ke Ruang 3 yang di dasar karena butuh energi lebih.” imbuh dia.

Kemudian, setiap tujuh rombongan, pihak tempat wisata akan melakukan sterilisasi tempat wisata goa agar oksigen di dalamnya mengalami perputaran.

Dalam tahap uji coba

Sebelumnya, tempat wisata goa termasuk Goa Gong dan Goa Tabuhan sedang berada dalam persiapan tahap simulasi pada awal September 2020.

Pada saat itu, tahap simulasi rencananya akan dilakukan pada pertengahan September. Hanya wisatawan lokal saja yang boleh berkunjung selama tahap tersebut.

Kepada Kompas.com, Jumat (4/9/2020), Andi mengatakan bahwa tempat wisata goa masuk dalam kategori obyek wisata berisiko tinggi lantara terbatasnya ruang gerak.

Baca juga: Itinerary ke Pacitan 2 Hari 1 Malam, Destinasi yang Cocok untuk Petualang

Alhasil, pihaknya kala itu tengah menyusun protokol kesehatan khusus agar wisatawan dapat berlibur dengan aman.

“Kita sudah persiapkan standar operasional prosedur (SOP) berapa maksimal orang di dalam, berapa lama harus di dalam, dan berapa grup yang masuk sebelum kita berhentikan,” tutur Andi.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap patuh protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com