Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2020, 15:03 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Guna menghindari penyebaran Covid-19, Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat meniadakan Grebeg Maulud dan Sekaten 2020.

“Karena Covid-19, maka untuk kegiatan yang berkaitan dengan upacara Grebeg Maulud dan Sekaten ada beberapa yang ditiadakan,” kata Pengageng Parentah Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Adipati Dipokusumo kepada Kompas.com, Sabtu (24/10/2020).

KGPH Adipati Dipokusumo yang akrab disapa Gusti Dipo melanjutkan, penabuhan gamelan pusaka Kyai Guntur Madu dan Kyai Guntur Sari di halaman Masjid Agung Keraton juga ditiadakan.

Baca juga: Keraton Surakarta Masih Tutup, Pengunjung Tetap Bisa Lakukan 3 Aktivitas Wisata Ini

Acara puncak seperti proses gunungan dan pasar malam yang menyertai pun tidak dilakukan agar tidak terjadi kerumunan.

Kendati demikian, prosesi lain seperti wilujengan dan jamasan pusaka tetap dilakukan, walaupun secara internal.

Masih bisa nikmati alunan gamelan sekaten

Terkait penabuhan gamelan pusaka Kyai Guntur Madu dan Kyai Guntur Sari, Gusti Dipo menuturkan bahwa meski keduanya tidak dilakukan secara langsung, alunan bunyi gamelan disiarkan melalui radio.

“Kerja sama dengan RRI. Dibunyikan gamelan selama Sekaten. berlangsung kurang lebih sepekan. Untuk tanggalnya sekitar sejak 21 Oktober 2020,” ujar dia.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Tradisi Khas Keraton Surakarta, Kirab Kebo Bule

Selain penyiaran lantunan gamelan, Gusti Dipo mengungkapkan bahwa saat ini sedang ada perbincangan soal penyiaran Grebeg Maulud dan Sekaten melalui media sosial.

Gamelan sekaten sedang disiapkan di Bangsal Pradonggo halaman Masjid Agung SurakartaKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Gamelan sekaten sedang disiapkan di Bangsal Pradonggo halaman Masjid Agung Surakarta

Untuk prosesi pembagian gunungan, dia mengatakan bahwa hal prosesi tersebut diganti dengan acara selamatan dan doa bersama secara internal.

“Terbatas di keraton. Gunungan dari selametan terdiri dari beberapa makanan tradisional yang nantinya dibagikan kepada kerabat sentono dan abdi dalem yang ikut upacara terbatas,” imbuh Gusti Dipo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com