Kompas.com - 27/12/2020, 12:01 WIB
Seorang pendaki mengibarkan bendera merah putih di Gunung Prau. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYASeorang pendaki mengibarkan bendera merah putih di Gunung Prau.

KOMPAS.com – Gunung Prau menutup seluruh jalur pendakian mulai 3 Januari 2021–4 Maret 2021 untuk pemulihan ekosistem.

Sekretaris Basecamp Pendakian Gunung Prau via Wates Achmad Afifudin mengatakan bahwa tanggal penutupan kemungkinan tidak diperpanjang.

Baca juga: Naik Gunung Prau Bisa Lihat Gunung Sindoro dan Sumbing, Coba Lewat Igirmranak

“Karena kita penutupan kemarin sudah lama dampak dari pandemi ini,” kata dia kepada Kompas.com, Sabtu (26/12/2020).

Adapun, selama penutupan untuk memulihkan ekosistem kawasan Gunung Prau, pembersihan sampah dan penanaman pohon akan dilakukan. Masing-masing basecamp juga akan melakukan pembersihan jalur.

Sebagai langkah antisipasi jika pada tanggal penutupan masih ada pendaki yang di puncak, Achmad mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan aturan khusus.

Baca juga: Mendaki Gunung Prau Jalur Patak Banteng? Kuotanya 1.200 Orang Per Hari

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Untuk tanggal 2 Januari 2021 itu terakhir naik dan tanggal 3 Januari 2021 itu cuma pendaki-pendaki yang turun,” jelasnya.

Sebelumnya, penutupan kegiatan pendakian Gunung Prau diumumkan oleh akun Instagram @prau_mountain pada Selasa (22/12/2020).

Penutupan berdasarkan hasil rapat Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia (FKPI) dan Perhutani dan tertera dalam surat pemberitahuan nomor 2020/FKPI-12/O1.

Pemandangan yang terlihat di jalur pendakian Gunung Prau melalui basecamp Igirmranak, Wonosobo, Jawa Tengah.Dokumentasi Hana Krisna Pemandangan yang terlihat di jalur pendakian Gunung Prau melalui basecamp Igirmranak, Wonosobo, Jawa Tengah.

“Dalam rangka mengantisipasi cuaca buruhk, pemulihan ekosistem, reboisasi, dan perawatan, pembenahan jalur serta pelatihan peningkatan kapasitas ranger, maka seluruh basecamp pendakian gunung prau resmi ditutup,” seperti tertera dalam surat tersebut.

Selama new normal, seluruh jalur pendakian Gunung Prau se-Kabupaten Wonosobo, juga Kabupaten Temanggung dan Banjarnegara dibuka kembali untuk umum pada Jumat (4/9/2020).

Baca juga: 7 Keunggulan Pendakian Gunung Prau via Igirmranak, Puas Nikmati Keindahan Alam

Adapun, pembukaan kembali dilakukan usai seluruh jalur pendakian ditutup akibat pandemi Covid-19. Sebelumnya beberapa jalur dibuka kembali pada pertengahan 2020 secara bertahap.

Untuk diketahui, jalur pendakian Gunung Prau adalah melalui basecamp Patak Banteng, Kalilembu, Igirmranak, Dieng, Dwarawati, dan Wates.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.