Kondisi Perhotelan dan Restoran di Ubud Saat Ini Menurut PHRI Gianyar

Kompas.com - 18/03/2021, 12:31 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi


KOMPAS.com - Ubud yang dulunya menjadi tujuan utama wisatawan di Gianyar, Bali mendadak sepi akibat adanya penyebaran virus Covid-19. Sepinya wisatawan di Ubud tentunya membawa dampak besar pada sektor perekonomian, khususnya pariwisata.

Ini dapat dilihat dari restoran yang hampir 90 persen tutup dan harus merumahkan pekerjanya karena tidak mampu membayar upah di tengah kondisi Covid-19.

“Kalau untuk restoran, hampir 90 persen tutup," kata Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Gianyar Pande Mahayana Adityawarman saat di hubungi Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Baca juga: PHRI Gianyar: Harapan Pariwisata Bali Bisa Buka Tahun Ini, Bukan 2022

Ia melanjutkan, beberapa restoran ada yang mencoba buka dengan mencari momen-momen seperti natal dan tahun baru, juga saat long weekend

Dampak kepada hotel

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hotel pun turut merasakan dampak pandemi. Jumlah tamu yang menginap menurun drastis, khususnya ketika ada pembatasan kegiatan masyarakat.

Karena penghasilan hotel yang tidak dapat menutup maintenance tempat dan membayar upah, banyak dari pekerja yang harus dirumahkan.

“Sebelumnya saat natal dan tahun baru masih lumayan ada penghasilan. Tetapi setelah ditetapkan pembatasan kegiatan masyarakat itu menurun drastis," ujar Adit.

Ia melanjutkan bahwa tamu yang menginap saat weekend tetap tidak dapat menutup biaya maintenance tempat, seperti listrik.

Ilustrasi Bali - Pemandangan Pantai Keramas di Gianyar, Bali.SHUTTERSTOCK / Leo_nik Ilustrasi Bali - Pemandangan Pantai Keramas di Gianyar, Bali.

Akibatnya, banyak pekerja pariwisata di Ubud yang dirumahkan pulang ke kampung asalnya lalu mulai berkebun dan bertani. Ada juga yang membuka usaha seperti usaha makanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.