Kompas.com - 18/03/2021, 21:01 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.COM - Setahun pandemi Covid-19 telah menghancurkan sektor wisata di Yogyakarta. Para pelaku usaha termasuk pengusaha hotel memutar otak bagaimana cara menggaet kembali wisatawan.

Para anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pun mencoba menggaet wisatawan dengan menawarkan paket wisata gowes keliling Yogyakarta.

Pasalnya olahraga sepeda mulai digandrungi kembali oleh masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Libur Isra Miraj dan Nyepi, Jumlah Wisatawan di DIY Capai 31.000 Orang

Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono mengatakan, banyak warga luar Yogyakarta yang datang ke Yogyakarta hanya untuk menikmati rute sepeda.

"Orang ke Yogyakarta hanya untuk bersepeda kemudian kita memberi rute yang ada. Beberapa pilihan atau ada mereka yang sudah memiliki rute sendiri," kata dia, Rabu (17/3/2021).

Rute gowes favorit wisatawan di Yogyakarta

Ia melanjutkan, rute gowes favorit wisatawan yaitu ke arah Naggulan, Kulon Progo lalu kembali lagi ke Kota Yogyakarta.

Lebih jelasnya ia merinci rute yang diambil adalah Nanggulan melalui Ancol pulang pergi. Ancol adalah bendungan yang ada di perbatasan kabupaten Magelang dengan Kulon Progo.

Pronosutan View berupa jalan di tengah luasnya hamparan sawah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pronosutan View berupa jalan di tengah luasnya hamparan sawah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Pihaknya juga memberikan tour guide bagi wisatawan yang tidak tahu rute bersepeda di Yogyakarta. Jika ada wisatawan yang tidak bisa membawa sepeda, pihak hotel juga menyediakan.

Adapun selama satu bulan terakhir ini, dirinya sudah mengawal wisatawan sebanyak enam kali. Empat kali ke Nanggulan dan dua kali ke Selopamioro Imogiri.

Baca juga: Wisata ke Pronosutan View Kulon Progo, Bisa Ikut Tur Gowes

"Iya lah (mengawal). Sudah 6 kali ngawal Nanggulan 4 kali, Selopamioro Imogiri 2 kali," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.