Kompas.com - 18/03/2021, 19:07 WIB

KOMPAS.com- The International Air Transport Association (IATA) berharap Covid Travel Pass digitalnya akan siap beberapa minggu lagi.

Aplikasi Covid Travel Pass (CTP) akan memastikan penumpang maskapai sudah dites Covid-19 atau divaksinasi sebagai syarat untuk memasuki suatu negara secara resmi.

IATA melihat bahwa aplikasi ini sangat penting untuk membuka kembali rute penerbangan melihat banyaknya negara yang masih menutup akses penerbangan internasional atau menerapkan karantina ketat.

Baca juga: IATA: Paspor Digital Penerbangan akan Diluncurkan Maret 2021

"Masalah utamanya adalah kepercayaan. Penumpang harus yakin pengujian yang mereka lakukan akurat dan akan memungkinkan mereka memasuki daerah tersebut," kata Direktur Regional Bandara dan Hubungan Eksternal IATA, Vinoop Goel dilansir dari BBC.com.

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah perlu untuk yakin terhadap hasil pemeriksaan penumpang adalah tes yang akurat.

Aplikasi CTP sendiri akan tersedia di iOS dan Android dan diharapkan gratis untuk para penumpang.

Pesawat tipe Airbus A380 pada maskapai penerbangan Singapore Airlines, (8/10/2013). SHUTTERSTOCK/RYAN FLETCHER Pesawat tipe Airbus A380 pada maskapai penerbangan Singapore Airlines, (8/10/2013).

Untuk uji coba pertama aplikasi ini, IATA bekerjasama dengan Singapore Airlines dan sudah dalam tahap uji coba.

Beberapa maskapai lainnya yang juga dalam masa uji coba ini adalah Etihad, Emirates, Qatar Airways, Air New Zealand.

Baca juga: Singapore Airlines Akan Buat Penerbangan Tanpa Tujuan Selama 3 Jam

Diharapkan aplikasi ini dapat diuji coba pada semua penerbangan Asia Pasifik dengan terus mendiskusikan uji coba kepada maskapai terkait.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.