Kompas.com - 08/04/2021, 10:10 WIB
Pengunjung berfoto di Curug Lawe Kalisidi. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPengunjung berfoto di Curug Lawe Kalisidi.

 

KOMPAS.com - Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Bela Pesona CLBK (Curug Lawe Benowo Kalisidi) Muhajirin mengatakan, Curug Lawe Benowo tetap ramai dikunjungi wisatawan selama pandemi Covid-19.

“Kita libur lima bulan, pengunjung sudah kangen sama wisata kita. Kalau menurut saya, datanya bisa mendekati angka 500-an, bahkan sampai ribuan. Cuma tidak kita penuhkan, tapi kita batasi supaya tidak melanggar aturan,” kata dia, Selasa (6/4/2021).

Jumlah yang disebutkan oleh Muhajirin tidak jauh berbeda dari kunjungan wisatawan ke sana sebelum pandemi.

Sebab, tempat wisata tersebut kerap menerima 100 sampai 200-an pengunjung per harinya. Bahkan, jumlah pengunjung bisa mencapai atau melebihi angka 500. Namun, kunjungan tetap dibatasi, meski aturan pembatasan kapasitas pengunjung belum ada sebelum pandemi.

Baca juga: 4 Wisata Semarang yang Pas untuk Anak

Jika petugas merasa bahwa kunjungan ke tempat wisata sudah penuh, mereka akan menutup tempat wisata hingga ada pengunjung yang keluar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Muhajirin, hal tersebut dilakukan agar alam di tempat wisata tetap terjaga dan wisatawan tetap aman.

“Apalagi kalau musim hujan, harus waspada sama lingkungan sekitar. Kita juga ada ranger di sana. Kalau ranger bilang setop ya tidak bisa masuk,” ujar dia.

Sempat tutup akibat pandemi

Sebelumnya, tempat wisata di Kabupaten Semarang ini sempat tutup pada 2020 saat pandemi Covid-19 melanda sebelum dibuka kembali pada 10 Agustus tahun lalu.

Sejak pembukaan, pihak tempat wisata menerapkan protokol kesehatan yang ketat termasuk wajib menggunakan masker dan menerapkan aturan jaga jarak.

“Awal buka rumit, harus ada video simulasi protokol kesehatan,” jelas Muhajirin.

Jembatan Romantis di Curug Lawe Benowo Kalisidi.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Jembatan Romantis di Curug Lawe Benowo Kalisidi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X