3.150 Karyawan Hotel di Banyuwangi Terancam PHK, Jika Pariwisata Tetap Tutup

Kompas.com - 25/08/2021, 22:05 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banyuwangi menyebut 3.150 karyawan hotel dan restoran terancam pemutusan hubungan kerja (PHK).

Selama PPKM, sebanyak 2.887 dirumahkan dan dipekerjakan secara bergantian. Sementara itu, 263 karyawan tempat hiburan dirumahkan sementara tanpa digaji.

"Pastinya akan terancam PHK kalau berlarut seperti ini," kata Ketua PHRI Banyuwangi, Zaenal Muttaqin, Rabu (25/8/2021).

Baca juga: PHRI Banyuwangi Minta PPKM Tak Diperpanjang, Khawatir PHK Besar-besaran

Zaenal mengatakan pihaknya telah bertemu dengan Dinas Pariwisata Banyuwangi dan DPRD Banyuwangi.

Ia berharap ada kelonggaran penyelenggaraan event di hotel dengan kapasitas 50 persen dan protokol kesehatan ketat.

Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi DOK. Shutterstock/Bayu Pamungkas Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi DOK. Shutterstock/Bayu Pamungkas

"Kita minta berikan kami relaksasi dan fleksibilitas operasional kami. Berikan kelonggaran saat event atau meeting," kata dia.

Kemudian untuk restoran juga diberikan kelonggaran makan di tempat. Sebab aturan take away tak terlalu membantu biaya operasional.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi Lakukan Pendataan Jumlah Pelaku Sektor Pariwisata

Kepala Disbudpar Banyuwangi MY Bramuda mengatakan akan mendorong adanya rapat-rapat kedinasan dan kegiatan lainnya bisa dilakukan di hotel.

"Mendorong rapat-rapat dan ada win-win solution. Hotel juga harus kita dorong siap menerima wisatawan setelah PPKM," kata dia.

Sebagaimana diketahui, sejak PPKM 3 Juli 2021, tempat wisata di Banyuwnagi ditutup. Hal ini berimbas pada hotel-hotel karena tak ada tamu atau wisatawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.