Kompas.com - 29/08/2021, 13:20 WIB
Penampakan jalur layang KA Bandara YIA yang merupakan jalur ganda. KemenhubPenampakan jalur layang KA Bandara YIA yang merupakan jalur ganda.

 

KOMPAS.comKereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) resmi dioperasikan melalui soft launching Kementerian Perhubungan, Jumat (27/8/2021).

Melansir Kompas.com, Jumat, dioperasikannya KA Bandara tersebut semakin mempersingkat waktu tempuh dari dan ke Kota Yogyakarta menjadi 40 menit.

Baca juga: KA Bandara YIA Beroperasi, Waktu Tempuh ke Yogyakarta Hanya 40 Menit

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, peluncuran KA Bandara YIA tersebut sangat menggembirakan.

“Ini kerja keras semuanya. Dalam hal ini, saya apresiasi kepada Menteri Perhubungan (Menhub) melalui proyek stategis nasional dengan total biaya Rp 1,1 triliun,” jelas dia dalam acara soft launching KA Bandara YIA di Kulon Progo, Jumat.

Adapun, proyek ini sudah berlangsung sejak 2015 dengan uji kelayakan pada tahun yang sama. Sementara itu, pembangunan jalur kereta dilakukan pada 2019.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Sekitar Bandara YIA yang Bisa Dikunjungi

Luhut mengatakan, adanya moda transportasi kereta api ini menambah pilihan transportasi di Yogyakarta selain taksi bandara dan bus DAMRI.

Meski memakan biaya investasi yang tinggi, sambung Luhut, hadirnya KA Bandara YIA juga memberi manfaat yang besar.

“Ini bisa potong waktu dari 1,5 jam menjadi 40 menit. Saya kira ini sangat bagus, pembangunannya juga membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memberi kemudahan aksesibilitas bagi masyarakat,” tutur Luhut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.