Kompas.com - 07/11/2021, 09:09 WIB

KOMPAS.com – Bencana banjir bandang melanda Kota Batu di Jawa Timur pada Kamis (4/11/2021).

Diberitakan Kompas.com, Jumat (5/11/2021), banjir di Kota Batu terjadi di enam titik, yakni Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Dusun Beru, Desa Bulukerto, dan Desa Sumberbrantas di Jalan Raya Selecta.

Selain itu, ada pula Desa Tulungrejo di Jalan Raya dieng, Desa Sidomulyo dan Dusun Gemulo di desa Punten, Kecamatan Bumiaji.

Baca juga: Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Wisata, Kunjungan ke Kota Batu dan Malang Naik

Berkenaan dengan Kota Batu sebagai destinasi wisata, banjir bandang ternyata tidak menyebabkan semua tempat wisata tutup.

Salah satu tempat wisata di Kota Batu yang tetap beroperasi pascabanjir bandang adalah Selecta.

Diberitakan Surya.co.id, Jumat (5/11/2021), informasi itu disampaikan Direktur Utama Selecta Sujud Hariadi. Hal itu karena wisata Selecta tidak terdampak banjir bandang.

Baca juga: Okupansi Hotel di Kota Batu Naik Imbas PPKM Surabaya Turun Level

“Insyaallah tetap buka semua karena jalur menuju tempat wisata aman, tidak terdampak kejadian banjir kemarin,” kata dia.

Tempat wisata di Kota Batu diminta waspada

Sementara itu, saat ini belum ada imbauan bagi tempat wisata di Kota Batu untuk tutup pascabanjir bandang.

Meski begitu, tempat wisata di Kota Batu diminta untuk waspada di tengah musim hujan dengan intensitas tinggi.

Kondisi rumah Suliamat (53) di Dusun Gintung, Desa Bulokerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang hancur akibat terbawa arus banjir bandang, Jumat (5/11/2021).KOMPAS.COM/ANDI HARTIK Kondisi rumah Suliamat (53) di Dusun Gintung, Desa Bulokerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang hancur akibat terbawa arus banjir bandang, Jumat (5/11/2021).

"Untuk tempat wisata saat ini belum ada imbauan tutup. Tapi yang jelas kami minta agar siap siaga," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu dilansir dari Surya.co.id, Jumat.

Baca juga: Aktivitas Menarik di Alun-Alun Kota Batu, Naik Bianglala hingga Wisata Kuliner

Pihaknya pun saat ini mengimbau tempat wisata agar siap dan siaga saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi dengan harapan agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.