Kompas.com - 31/01/2022, 12:12 WIB

KOMPAS.com - Kelenteng Sam Poo Kong akan menjadi salah satu pusat lokasi perayaan Tahun Baru Imlek di Semarang pada Selasa, (01/02/2022). Umat Khonghucu akan melakukan ibadah sembahyang di kelenteng tersebut.

Selain ibadah, Kelenteng Sam Poo Kong juga akan menggelar sejumlah hiburan perayaan Imlek yang terbuka bagi umum. Namun, ada pembatasan jumlah pengunjung pada perayaan Imlek besok akibat pandemi Covid-19.

General Manager Kelenteng Sam Poo Kong Anandita Renaldie mengatakan, kelenteng tetap dibuka untuk umat yang akan sembahyang dan pengunjung umum.

Namun, jumlah pengunjung dibatasi maksimal 50 persen dari total kapasitas atau sekitar 2.000 orang. Tujuannya, agar pengunjung dapat menjaga protokol kesehatan.

Baca juga: Kelenteng Sam Poo Kong Semarang: Sejarah, Tiket Masuk, dan Perayaan Imlek

“Kami membuka untuk umum hanya sebatas 50 persen dari kapasitas Kelenteng Sam Poo Kong. Kami mengikuti arahan dari Satgas Covid-19 Kota Semarang,” kata Anandita kepada Kompas.com, Senin (31/01/2022).

Selain itu, hiburan bagi pengunjung juga bersifat sederhana, yakni barongsai dan live music, guna mengurangi kerumunan masyarakat.

Imlek di Sam Poo Kong sebelum Covid-19

Tentunya, hiburan perayaan Imlek tahun 2022 akan berbeda dengan kondisi sebelum Covid-19. Sebelum pandemi, Kelenteng Sam Poo Kong menggelar berbagai hiburan dan atraksi yang meriah.

Selain barongsai dan live music, ada pertunjukan reyog Ponorogo, drumband blek (drumblek) yang merupakan marching band tradisional Salatiga, seni jathilan, penampilan barong Bali, dan beragam tari-tarian daerah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat jadi pemain barongsai di Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Sabtu (25/01/2020).KOMPAS.com/istimewa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat jadi pemain barongsai di Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Sabtu (25/01/2020).

Selain itu, pengunjung bisa menikmati bazar kuliner di area kelenteng. Saking meriahnya, perayaan Imlek di Kelenteng Sam Poo Kong pada 2020 lalu sempat dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

“Besok, hiburan untuk pengunjung sifatnya hanya kecil dan biasa, tidak besar,” tegas Anandita.

Baca juga: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Bila Berkunjung ke Sam Poo Kong Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.