Kompas.com - 31/01/2022, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Kelenteng Sam Poo Kong di Semarang, Jawa Tengah, menjadi salah satu tempat wisata dan tempat ibadah umat Khonghucu yang masih eksis hingga saat ini.

Kelenteng ini merupakan simbol akulturasi budaya China dengan Jawa. Kelenteng, yang berada di dekat Kanal Banjir Barat, ini merupakan bukti perjalanan Laksamana Cheng Ho ketika pertama kali menginjakkan kaki ke Pulau Jawa.

Kelenteng Sam Poo Kong memiliki beberapa bangunan dengan arsitektur khas China.

Pengunjung bisa mengunjungi setiap bangunan di kelenteng untuk melihat lebih dekat kebudayaan China di Tanah Jawa.

Baca juga: Kunjungi Sam Poo Kong Saat Imlek, Cek Rute dari Simpang Lima Semarang

Jam buka dan harga tiket Sam Poo Kong pada hari biasa

Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang (Dok. https://sampookong.co.id) Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang (Dok. https://sampookong.co.id)

Kelenteng Sam Poo Kong berlokasi di Jalan Simongan Raya No. 129, Semarang. Tempat ini dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Terdapat tiga pilihan tiket pada hari biasa, yakni tiket umum, tiket terusan, dan tiket promo. Harga masing-masing tiket berbeda lantaran fasilitasnya tidak sama. 

Harga tiket umum untuk pengunjung dewasa mulai dari Rp 10.000 pada hari kerja (weekday) dan Rp 15.000 di akhir pekan (weekend), sedangkan anak-anak dikenakan tarif masuk Rp mulai dari 5.000 (weekday) dan Rp 10.000 (weekend).

Baca juga: Kelenteng Sam Poo Kong Semarang Batasi Pengunjung Saat Perayaan Imlek 2022

Adapun tiket terusan mencakup lebih banyak lokasi di kelenteng yang bisa dikunjungi.

Tarif tiket terusan untuk pengunjung dewasa mulai dari Rp 30.000 (weekday) dan Rp 35.000 (weekend). Untuk pengunjung anak-anak dikenakan tarif masuk mulai dari Rp 15.000 (weekday) dan Rp 15.000 (weekend).

Ada juga tiket promo yang meliputi tiket terusan, foto dengan kostum khas China, dan paket suvenir. Harga tiket promo dibanderol mulai dari Rp 65.000 untuk weekday dan weekend.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.