Bank Indonesia Gelar Festival Meurah Silu di Aceh Tengah, Pamerkan Aneka Produk UMKM

Kompas.com - 25/06/2022, 19:31 WIB

ACEH TENGAH, KOMPAS.com- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Aceh dan Bank Indonesia Lhokseumawe menggelar kegiatan Festival Meurah Silu - Karya Kreatif Aceh-Gayo (KKAG) Tahun 2022.

Acara dipusatkan di Lapangan Meusara Alun, Aceh Tengah dan dilaksanakan selama dua hari mulai 25-26 Juni 2022.

Festival salah satu bentuk kontribusi KPw BI Lhokseumawe dan Provinsi Aceh bekerja sama degan seluruh stakeholder ini ditujukan untuk menggali potensi ekonomi serta menjawab tantangan yang dihadapi dalam pengembangan ekonomi di Provinsi Aceh.

Baca juga: Indahnya Pantai Lancok Aceh Utara yang Punya Kuliner Mi Kepiting Lezat

Adapun tema acara tahun ini mengangkat Karya Kreatif Aceh-Gayo atau “Festival Meurah Silu-KKAG Tahun 2022” dengan tujuan membangkitkan ekonomi dan kebudayaan daerah pesisir laut dan pegunungan.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Lhokseumawe Gunawan dalam siaran persnya, Sabtu (25/6/2022) menyebutkan sebelumnya bahwa even serupa digelar di Kota Langsa.

"Tujuannya adalah meningkatkan nilai tambah produk UMKM Aceh melalui pengembangan dari hulu hingga hilir dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional yang berkelanjutan," kata dia.

Selain itu, kegiatan itu juga mengangkat pameran yang mengusung edukasi kepada pelaku usaha dari berbagai sektor dan juga masyarakat secara umum.

Rangkaian acara Meurah Silu Aceh 2022

Rangkaian kegiatan lainnya berupa diskusi dan seminar mengenai upaya pengembangan industri  dengan dimeriahkan pameran berbagai macam produk unggulan dari seluruh wilayah Provinsi Aceh.

Misalnya pada industri kopi, akan dihadirkan pelaku usaha yang bergerak di bidang pembibitan, petani kopi, roaster kopi, hingga pelaku usaha yang menjual produk kopi olahan

“Keikutsertaan pihak-pihak diberbagai macam proses produksi pada kesempatan itu diharapkan dapat menjadi ajang menjalin kerja sama dan sinergi semua pihak. Begitu juga dengan industri-industri lain, sehingga kemudian akan tercipta ruang kerja sama antar-pelaku usaha maupun antar industri,” kata Gunawan.

Baca juga: 3.000 Wisatawan Kunjungi Aceh Tengah berkat Libur Sekolah

Festival Meurah Silu Aceh 2022 diresmikan Gubernur Aceh Tengah yang diwakili Staff Ali Gubernur Aceh Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Mawardi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.