Kompas.com - 25/06/2022, 18:38 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Orangtua pada umumnya mengajak anak-anak bermain ke tempat wisata saat libur sekolah seperti sekarang ini. Salah satu kota yang menawarkan destinasi wisata anak adalah Surabaya.

Wisata anak Surabaya sangat beragam, mulai dari museum, pantai, taman, kebun binatang, wisata edukasi, dan sebagainya. Berikut 15 wisata anak Surabaya seperti dirangkum Kompas.com. 

Baca juga: 6 Wisata Malam di Surabaya, Pas untuk Anak-anak dan Dewasa

1. Kebun Binatang Surabaya 

Orangtua dapat mengajak anak-anak mengunjungi Kebun Binatang Surabaya (KBS) untuk mengisi waktu libur. Wisata anak Surabaya yang satu ini, bisa mengenalkan buah hati dengan beragam fauna. 

Kebun Binatang Surabaya.shutterstock.com/Niko_jaffar Kebun Binatang Surabaya.

Berdasarkan informasi dari situs Surabaya Zoo, kebun binatang ini memiliki lebih dari 211 spesies satwa, yang terdiri lebih dari 2.236 binatang. Termasuk di dalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia. 

Kebun Binatang Surabaya merupakan tempat konservasi untuk menyelamatkan satwa yang terancam punah karena kerusakan habitatnya. Lokasinya berada di Jalan Setail No. 1, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya. 

Baca juga: Cafe Tenda, Tempat Nongkrong Unik di Surabaya dengan Tenda Dome

2. Pantai Ria Kenjeran

Sebagai kota pesisir, tak lengkap jika belum mengajak anak-anak berlibur ke pantai-pantai di Surabaya. Salah satu destinasi pantai di Surabaya yang ramah untuk keluarga dan anak-anak adalah Pantai Ria Kenjeran.

Pantai Ria Kenjeran SurabayaDok. https://bappeko.surabaya.go.id Pantai Ria Kenjeran Surabaya

Berdasarkan informasi dari situs Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, pengunjung bisa menikmati suasana pantai yang asri, lengkap dengan pasir dan deburan ombaknya.

Ada berbagai kegiatan di Pantai Ria Kenjeran yang dapat dilakukan bersama dengan anak-anak. Meliputi, bermain pasir pantai, menyewa perahu kecil, mengunjungi pulau pasir, dan lainnya. 

Pantai ini juga dilengkapi berbagai fasilitas antara lain playground, anjungan, gazebo, toilet, mushola, toko souvenir, area kuliner, dan lainnya. 

3. Surabaya North Quay (SNQ) 

Selain Pantai Ria Kenjeran, alternatif wisata pantai lainnya adalah Surabaya North Quay (SNQ). Lokasinya berada di kompleks Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, tepatnya di Jalan Perak Utara, Pabean Cantikan, Kota Surabaya. 

Baca juga: Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya, Wujud Akulturasi Arab dan Tionghoa

Surabaya North Quay.TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA Surabaya North Quay.

Mengutip dari Kompas.com (6/3/2022), Surabaya North Quay adalah salah satu destinasi wisata dari PT Pelindo Properti Indonesia. Kamu bisa mengajak anak-anak bersantai sambil  menikmati pemandangan tepi laut dan matahari tenggelam dari ujung utara Surabaya.

Selain itu, pengunjung bisa melihat secara langsung panorama Pulau Madura dari kejauhan. Orangtua juga bisa mengenalkan sejumlah aktivitas di kawasan pelabuhan kepada anak-anak. 

4. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Jika ingin mengenalkan anak-anak dengan alam, orangtua bisa mengajak buah hati mereka ke Ekowisata Mangrove Wonorejo. Obyek wisata ini merupakan kawasan konservasi alam untuk mencegah abrasi di wilayah timur Kota Surabaya. 

Sesuai dengan konsep ekowisata, destinasi ini menggabungkan wisata rekreasi dan edukasi. Ekowisata ini terdiri dari dua kawasan utama, yakni lintasan jogging (jogging track) dan hutan mangrove. 

Baca juga: Asal-usul Kota Surabaya, Ada Versi Cerita Pertarungan Sura dan Baya

Ekowisata Mangrove Wonorejo SurabayaDok. https://bappeko.surabaya.go.id Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya

Agar bisa menjelajahi hutan mangrove, maka pengunjung harus menyeberangi sungai menggunakan perahu menuju lokasi. Nantinya, wisatawan akan menyusuri sungai sepanjang 5,4 kilometer selama kurang lebih 13-15 menit. 

Menariknya, anak-anak bisa melakukan kegiatan edukasi menanam mangrove. Lokasinya berada di Jalan Raya Wonorejo Nomor 1, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. 

5. Mini Agrowisata 

Wisata anak Surabaya selanjutnya adalah Mini Agrowisata. Berdasarkan informasi dari situs Bangga Surabaya Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, obyek wisata ini berlokasi di belakang Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya. 

Tepatnya di Jalan Pagesangan II No.56, Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya. Pada lahan seluas 6.000 meter persegi ini, pengunjung baik dewasa maupun anak-anak bisa menikmati wisata edukasi perkebunan khas perkotaan.

Terdapat berbagai macam tanaman dan sayuran. Tak hanya itu, Mini Agrowisata juga memiliki koleksi hewan peliharaan seperti kelinci, ayam, dan ikan.

Baca juga: Panduan Wisata ke Surabaya North Quay, Nongkrong dengan Panorama Laut

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.