Kompas.com - 07/06/2022, 22:29 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia. Ibu kota Jawa Timur ini, merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta.

Surabaya memiliki sejarah panjang yang sarat makna, baik bagi penduduk lokal maupun bangsa Indonesia. Adapula asal-usul Kota Surabaya versi dongeng atau cerita yang masyhur di masyarakat. 

Berikut sejarah dan asal-usul Kota Surabaya versi dongeng yang dihimpun oleh Kompas.com

Baca juga: Tempat Kelahiran Soekarno di Surabaya Akan Dijadikan Museum

Baca juga: Napak Tilas Jalur Rempah Nusantara di Surabaya

Sejarah Kota Surabaya  

Mengutip dari laman resmi Pemerintah Kota Surabaya, sejarah Kota Surabaya kental dengan nilai-nilai kepahlawanan atau heroisme. 

Latar belakang itu yang membentuk arti nama Surabaya secara harfiah. Surabaya terdiri dari kata sura atau suro, yang berarti berani dan baya berarti bahaya.

Secara harfiah, Surabaya berarti berani menghadapi bahaya yang datang. 

Monumen Tugu Pahlawan Surabaya. Upah minimum atau UMR Surabaya (UMR Surabaya 2021)shutterstock.com/Nadezda+Murmakova Monumen Tugu Pahlawan Surabaya. Upah minimum atau UMR Surabaya (UMR Surabaya 2021)

Peristiwa bersejarah di Surabaya yang mempunyai nilai heroisme salah satunya adalah pertempuran antara Raden Wijaya dari Kerajaan Majapahit dan pasukan Mongol pimpinan Kubilai Khan. Pertempuran itu terjadi pada 1293. 

Untuk mengenang pertempuran bersejarah itu, maka waktu pertempuran diabadikan menjadi tanggal berdirinya Kota Surabaya, yaitu 31 Mei. Raden Wijaya berhasil memukul mundur pasukan Kubilai Khan. 

Baca juga: Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya, Wujud Akulturasi Arab dan Tionghoa

Baca juga: Cafe Tenda, Tempat Nongkrong Unik di Surabaya dengan Tenda Dome

Peristiwa heroik lainnya sepanjang sejarah Surabaya adalah pertempuran 10 November 1945. Saat itu, arek-arek Suroboyo dengan berbekal bambu runcing berani melawan pasukan sekutu  yang memiliki persenjataan canggih. 

Puluhan ribu warga meninggal membela tanah air. Peristiwa heroik ini kemudian diabadikan sebagai peringatan Hari Pahlawan. Oleh sebab itu, Kota Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan. 

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.