Kompas.com - 20/11/2022, 15:59 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan acara puncak dari program Beli Kreatif Sumatera Selatan (BKSS) dengan tema “Harvesting BKSS”.

Acara tersebut diadakan di Palembang Trade Center (PTC), Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), mulai Jumat (18/11/2022) hingga Minggu (20/11/2022).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, acara puncak BKSS bertujuan untuk mengapresiasi pencapaian yang diraih oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) peserta program BKSS.

“Program BKSS telah mendorong pelaku UMKM di Sumsel untuk terus melakukan inovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi. Selain itu, materi pendampingan dalam program BKSS membantu meningkatkan kualitas produk sekaligus memperluas cakupan pemasaran, seperti digital, segmentasi, positioning, dan targeting, dan pengembangan pasar melalui e-commerce,” ujar Sandiaga dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu.

Sebagai informasi, sebanyak 200 peserta UMKM asal Sumsel yang mengikuti BKSS berhasil mengalami peningkatan omzet hingga 89,5 persen. Semua UMKM tersebut merupakan mitra binaan Kemenparekraf.

Sebelum mengikuti program BKSS, para peserta harus mengikuti sejumlah tahapan, mulai dari pelatihan, pendampingan, hingga perluasan pasar melalui onboarding dengan marketplace.

Lewat semua pelatihan tersebut, Sandiaga berharap jika peningkatan ekonomi yang dialami pelaku UMKM dapat memberikan dampak terhadap kebangkitan ekonomi secara luas dan mendorong terciptanya lapangan kerja.

“Diharapkan tidak hanya mendorong peningkatan kontribusi ekonomi kreatif Indonesia, tetapi juga dapat mengangkat potensi pariwisata di Sumsel. Peningkatan pariwisata dan ekonomi kreatif akan semakin mendekatkan target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024,” jelas Sandiaga.

Saat ini, lanjut Sandiaga, ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor penyumbang terbesar terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional dengan nilai sebesar 7,35 persen.

Selain itu, berdasarkan data Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021/2022, tiga sub-sektor ekonomi kreatif juga disebutkan menjadi penyumbang terbesar struktur PDB dan ekspor.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.