Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/12/2022, 07:07 WIB

BATU, KOMPAS.com - Tempat wisata di Kota Batu mulai dipadati pengunjung yang berlibur dalam momen libur akhir tahun Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru pada Sabtu (24/12/2022).

Beberapa tempat wisata di Kota Batu yang tampak mulai ramai pengunjung adalah Jatim Park 3, Jatim Park 2, Jatim Park 1 dan Museum Angkut.

Marketing Manager and Public Relation Jawa Timur Park (JTP) Group Titi S Ariyanto mengatakan bahwa di Jatim Park 3, kunjungan wisatawan saat libur akhir tahun, terutama ketika akhir pekan bisa mencapai 5.000 pengunjung setiap hari.

Baca juga: Hotel-hotel di Kota Batu Kebanjiran Reservasi Jelang Nataru

Selain itu, kunjungan di wisata lainnya, yakni Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Museum Angkut bisa mencapai di angka 2.000 hingga 3.000 setiap harinya. Kondisi itu meningkat sekitar dua kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

"Diharapkan dapat bertambah atau bertahan hingga akhir 31 Desember 2022. Bulan sebelumnya, kita masih jauh dari angka itu. Karena Desember ini ada liburan ujian tengah semester dan tanggal merah, jadi Insyaallah meningkat," kata Titi pada Sabtu (24/12/2022).

Kota Batu dipadati wisatawan luar Jatim hingga luar Jawa

Dari pantauannya, pengunjung yang datang didominasi dari luar daerah hingga luar Jawa, seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Bali.

"Libur akhir tahun ini pantauan saya, pelat nomor kendaraan yang datang banyak juga dari luar Jawa, seperti Bali dan luar Jawa lainnya. Tapi terbanyak dari daerah Jawa seperti Jawa Timur, Jawa tengah, Jawa barat," katanya.

Baca juga: Kalender Wisata Kota Batu 2023, Ada Festival Paralayang Internasional

Menurutnya, meningkatnya pengunjung dinilai karena masyarakat telah rindu untuk melepas penat dengan berwisata.

Dua wisatawan sedang berfoto di area wahana Secret Journey, Jawa Timur Park 3 pada Sabtu (24/12/2022). KOMPAS.com/ Nugraha Perdana Dua wisatawan sedang berfoto di area wahana Secret Journey, Jawa Timur Park 3 pada Sabtu (24/12/2022).

Untuk mengantisipasi membeludaknya pengunjung, Titi yakin bahwa wisatawan sadar untuk melindungi diri dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Wisatawan di Indonesia sudah kangen mau berwisata, jadi mereka pasti memproteksi diri mereka masing-masing. Seperti sebelum masuk, mereka harus memakai masker," katanya.

Baca juga: Taman Rekreasi Selecta di Kota Batu: Jam Buka, Tiket Masuk, Aktivitas

Senada, Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi mengatakan bahwa hari ini wisatawan yang berkunjung ke Selecta meningkat. Diprediksi kondisi itu stabil dan bahkan bisa bertambah pada besok, Minggu (25/12/2022) dan Sabtu (31/12/2022).

"Tanggal 24, 25 ini tinggi, kemudian tanggal 31 Desember bisa 70 sampai 80 persen, jadi ketika hari menjelang tahun baru itu diatas Natal yang kemarinnya," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+