Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran 2023, Pemudik Perhatikan Imbauan Berikut

Kompas.com - 05/04/2023, 14:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang mudik Lebaran 2023, masyarakat yang hendak mudik diimbau untuk mempersiapkan rencana perjalanan yang matang.

Sandi mengatakan rencana perjalanan penting disiapkan agar perjalanan mudik bisa aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.

"Susun rencana perjalanan (mudik Lebaran) yang baik, jangan ujug-ujug mau berangkat kondisi tidak siap," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (3/4/2023).

Baca juga:

Tidak hanya itu, Sandiaga juga mengimbau pemudik untuk melakukan pengecekkan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik.

Khusus untuk pemudik yang akan melakukan perjalanan menggunakan bus pariwisata, disarankan untuk memastikan kelayakan dan kelaikan bus melalui aplikasi Spionam.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga menginstruksikan agen perjalanan ataupun pelaksana program mudik untuk memastikan bus yang digunakan sudah dalam kondisi prima.

Jika mudik menggunakan kendaraan pribadi, pemudik diminta untuk tidak memaksa pengemudi berkendara lebih dari 12 jam.

"Apalagi kalau supir bus, itu (waktu menyetir) harus di bawah 12 jam," katanya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief With Sandi Uno, Senin (27/3/2023). Sandiaga mengimbau para pemudik mengutamakan keselamatan dalam perjalanan pulang ke kampung halaman.Dok. Kemenparekraf Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief With Sandi Uno, Senin (27/3/2023). Sandiaga mengimbau para pemudik mengutamakan keselamatan dalam perjalanan pulang ke kampung halaman.

Lebih lanjut, ketika kendaraan berhenti untuk beristirahat, Sandiaga mengingatkan agar pengemudi tidak tidur di dalam bus, karena hal ini dinilai tidak manusiawi.

Pengemudi harus dipastikan beristirahat di ruangan atau kamar khusus beristirahat supaya waktu istirahatnya lebih berkualitas.

"Saya mengimbau kepada masyarakat calon pemudik perhatikan hal tersebut sebagai upaya bersama kita untuk menjaga keselamatan dan keamanan berwisata," ujar Sandiaga.

Baca juga:

Setelah pemudik sampai di kampung halaman, Sandiaga mengajak masyarakat untuk berwisata ke destinasi daerah setempat.

"Setelah sampai di kampung halaman, bergeraklah ke destinasi-destinasi wisata setempat dan berkontribusi pada ekonomi lokal dengan cara mengonsumsi kuliner daerah dan produk-produk ekonomi kreatif lainnya," tutup Sandi.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com