Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Asing Berulah Lagi di Bali, Menparekraf Imbau Pengawasan Semua Pihak

Kompas.com - 29/05/2023, 22:47 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta semua pihak agar bersama-sama melakukan pengawasan terhadap pariwisata di Bali.

Sebab, baru-baru ini ramai kejadian seorang wisatawan mancanegara (wisman) asal Jerman yang tidak berbusana naik ke panggung pertunjukan tari di Puri Saraswati, Ubud, Bali.

Baca juga:

“Kami mengingatkan semua pihak untuk bisa mengingatkan do’s and dont’s dalam menjaga keramahtamahan, moralitas, norma, dan budaya,” ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing di Jakarta Pusat, Senin (29/5/2023).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa wisman tersebut diketahui mengalami depresi dan sudah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Bali.

“Saya mendorong semua pihak untuk meningkatkan pengawasan agar citra pariwisata Indonesia terutama Bali tetap terjaga baik,” imbuhnya.

Siapkan langkah antisipatif

Tangkapan layar video viral wanita WNA berjalanan telanjang dalam acara pentas tari di sebuah puri di Bali. /istimewaYohanes Valdi Seriang Ginta Tangkapan layar video viral wanita WNA berjalanan telanjang dalam acara pentas tari di sebuah puri di Bali. /istimewa

Sandiaga mengajak kalangan akademisi dan praktisi untuk terus mengusulkan penerapan aturan tentang perbaikan pariwisata berkualitas, khususnya di Provinsi Bali.

Ia mengatakan, pihaknya telah menyebarkan informasi dan rambu-rambu dalam berwisata.

Baca juga:

Salah satunya melalui media percakapan berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bernama Thoughtful Indonesia Wonderful Indonesia (TIWI) yang memberi pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, peraturan do’s and dont’s, kata dia, juga sudah disiapkan dengan sejumlah pihak.

“Kami juga menyiapkan informasi do’s and don’t’s dalam berwisata dengan bekerja sama dengan maskapai penerbangan dan imigrasi,” imbuhnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com