Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Pulau Semiun, Salah Satu Pulau Terluar Indonesia di Sisi Utara

Kompas.com - 15/07/2023, 14:29 WIB
Hadi Maulana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

NATUNA, KOMPAS.comPulau Semiun berada di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Salah satu pulau terluar di utara Indonesia ini berbatasan langsung dengan Vietnam.

Jarak antara Pulau Semiun dengan Ibu Kota Kecamatan Pulau Laut sekitar 27,7 kilometer. Untuk sampai di pulau ini, wisatawan wajib naik pompong (perahu kayu) sekitar 2,5 jam dari Desa Air Payang.

Baca juga:

Daya tarik Pulau Semiun ada di air lautnya yang bersih dan biru, pantai yang landai, pasirnya yang putih, serta gugusan batu granit yang menyelimuti bukit di pulau kecil ini.

Gugusan batu granit tersebut tersebar dari pinggir pantai hingga ke puncak bukit. Pemandangannya akan terlihat jelas jika dilihat dari laut.

Selanjutnya, bagi yang suka mendaki, terdapat bukit yang lumayan terjal sehingga memerlukan waktu sekitar 30 menit bagi pendaki untuk sampai di puncaknya.

Namun, setibanya di puncak bukit, rasa lelah dan dahaga akan terobati ketika melihat panorama indah Pulau Semiun dari ketinggian. Luasnya lautan biru serta bentangan pantai yang bersih menambah keindahan panorama pulau ini.

Tidak jarang pemuda asli Pulau Laut bertamasya dan berkemah di pulau ini. Salah satu komunitasnya yaitu Community Jelajah Bebas.

Baca juga:

“Kami kalau suntuk, mainnya ke sini,” kata salah satu anggota Community Jelajah Bebas, Arifin kepada Kompas.com, Sabtu (15/7/2023).

Selain melepas lelah, Arifin mengaku mereka juga kerap melakukan beberapa kegiatan lainnya, seperti bersih-bersih, serta pemasangan spot foto dan pesan-pesan positif yang ditulis di papan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com