Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Wisata Dekat Jakarta Selain Bogor, Ada Banyak Pantai

Kompas.com - 23/07/2023, 16:47 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Wisata luar kota dekat Jakarta tak melulu harus menuju ke Bogor atau Puncak. Ada sejumlah destinasi lainnya yang tak kalah menarik untuk dijelajahi.

Bagi kamu pencinta kesegaran, mencari wisata pantai atau air terjun juga tak boleh dilewatkan.

Berikut Kompas.com rangkum sejumlah destinasi wisata luar kota dekat Jakarta selain Bogor yang dapat kamu kunjungi.

Baca juga: 8 Wisata Luar Kota Dekat Jakarta, Bisa Naik KRL

Wisata luar kota dekat Jakarta selain Bogor

1. Purwakarta

Pemandangan Waduk Jatiluhur di Purwakarta Jawa Barat, dari Gunung Padang.WIKIMEDIA COMMONS/OCYID Pemandangan Waduk Jatiluhur di Purwakarta Jawa Barat, dari Gunung Padang.

Kabupaten di Jawa Barat ini memiliki banyak sudut untuk dijelajahi. Bagi penggemar wisata alam bisa menjelajahi destinasi seperti Waduk Jatiluhur, Tebing Boyer, dan Curug Tilu.

Sementara penggemar wisata sejarah bisa singgah sejenak di Bale Panyawangan atau ke Galeri Wayang.

Jika ingin berkeliling kota sembari menikmati angin sepoi-sepoi, kamu juga bisa menaiki bus wisata Kidang Pananjung.

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Purwakarta, Wisata Alam Sampai Museum Canggih

Purwakarta tak hanya mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi, tetapi juga bisa menggunakan kereta dengan tarif yang ramah di kantong.

Kamu bisa mencoba opsi murah meriah dengan naik KRL hingga Stasiun Cikarang, kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik kereta api lokal Walahar hingga Stasiun Purwakarta dengan tarif Rp 4.000 saja.

2. Kepulauan Seribu

Perahu yang disewakan untuk wisatawan melintas di kawasan pantai Pulau Tidung, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Kamis (9/6/2016). Sektor pariwisata di Kepulauan Seribu terus berkembang dan menghadirkan mata pencarian bagi warga kepulauan tersebut. 
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Perahu yang disewakan untuk wisatawan melintas di kawasan pantai Pulau Tidung, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Kamis (9/6/2016). Sektor pariwisata di Kepulauan Seribu terus berkembang dan menghadirkan mata pencarian bagi warga kepulauan tersebut.

Wisata akhir pekan juga bisa dihabiskan dengan mengunjungi pulau-pulau di Kepulauan Seribu.

Beberapa pulau yang dapat dijelajahi jika kamu menghabiskan waktu liburan di Kepulauan Seribu, antara lain Pulau Bidadari, Pulau Ayer, Pulau Macan, dan Pulau Tidung.

Baca juga: 10 Pulau di Kepulauan Seribu, Ada Akuarium Bawah Laut

Masing-masing pulau menyimpan pesona sendiri. Saat singgah di pulau, kamu bisa melakukan sejumlah aktivitas seperti snorkeling, diving, memancing, wisata sejarah, kulineran, atau sekadar bersantai di tepi pantai.

@kompastravel Yang mau hemat budget buat jalan-jalan ke Bandung, sini merapat! Cuman Rp 16.000. Murah banget kan? Tapi ya harus kuat-kuat fisik untuk transit kereta dan waktu tempuh yang terhitung lebih lama.. Ya estimasi perjalanan kurang lebih 9 jam perjalanan. Buat kamu tim ransel alias backpackeran, udah pernah nyoba belum nihh?? Yuk, ngobrol di kolom komentar. #mudiklebaran #keretabandungmurah #explorebandung ? Bandung - Yura Yunita

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com