Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2023, 21:50 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Jika sedang berkunjung ke Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, mampirlah juga ke Museum Islam Nusantara.

Museum ini baru soft opening pada Sabtu (16/9/2023) yang dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Salah satu keunikan museum ini adalah bentuk bangunannya yang menyerupai rumah gadang, rumah adat khas Minangkabau, Sumatera Barat.

Baca juga: Berbentuk Rumah Gadang, Uniknya Museum Islam Nusantara di Lasem Rembang

Dengan berkunjung ke museum ini, pengunjung bisa menyaksikan keunikan rumah gandang tanpa harus jauh-jauh pergi ke Sumatera Barat.

Lokasi museum ini juga strategis karena berada di tengah kota, tepatnya kompleks Masjid Jami’ Lasem, sebelah barat Alun-alun Lasem.

Ada apa saja di Museum Islam Nusantara Lasem?

Dikutip dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Museum Islam Nusantara di Lasem memiliki tiga lantai.

Baca juga: Lokasi Museum Islam Nusantara di Lasem, Rembang, Dekat Alun-alun

Lantai pertama berisi arsip dan benda-benda bersejarah. Kemudian, lantai dua terdapat rangkaian sejarah lengkap dengan figur-figur penting. 

Museum Islam Nusantara di Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.Dok. Kemenparekraf Museum Islam Nusantara di Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Figur-figur penting itu, mulai dari Walisongo hingga sosok Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Selanjutnya di lantai tiga, terdapat ornamen kaligrafi Al Quran 30 juz yang dipahat di kayu jati, baik secara manual maupun menggunakan mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com