Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbentuk Rumah Gadang, Uniknya Museum Islam Nusantara di Lasem Rembang

Kompas.com - 17/09/2023, 21:08 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Ingin berfoto di depan rumah gadang, daerah Minangkabau, seperti Padang di Sumatera Barat bisa jadi tujuan.

Namun bagi masyarakat Jawa Tengah, terutama sekitara Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, kini tak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Sumatera Barat.

Cukup berkunjung ke Museum Islam Nusantara yang baru soft opening pada hari Sabtu (16/9/2023).

Baca juga: Lokasi Museum Islam Nusantara di Lasem, Rembang, Dekat Alun-alun

Itu karena bangunan museum ini menyerupai rumah gadang khas Minangkabau yang cukup langka ditemukan di daerah Jawa Tengah.

Adapun soft opening museum dilakukan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Akulturasi di Lasem dan Museum Islam Nusantara

Dikutip dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Museum Islam Nusantara jadi bukti keharmonisan serta akulturasi mayarakat Lasem yang beragam, meliputi etnis Jawa, Tionghoa, dan Arab.

Baca juga: Batik Lasem Disiapkan Jadi Suvenir TWG G20

Berkaitan dengan akulturasi budaya, bangunan museum pun dibangun menyerupai rumah gadang dengan sentuhan rumah adat Jawa, serta berdiri di kawasan pecinan.

Museum Islam Nusantara di Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.Dok. Kemenparekraf Museum Islam Nusantara di Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

“Jadi ini merupakan hasil akulturasi karena terinspirasi dari tokoh ulama Lasem KH Ma'shum Lasem yang merupakan keturunan Sultan Minangkabau dan KH Baedlowi keturunan ningrat Jawa," ujar Sandiaga.

Adapun lokasi Museum Islam Nusantara ini berada di sebelah barat Alun-alun Lasem, tepatnya di kompleks Masjid Jami’ Lasem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com