BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Jenius

Weekend Getaway ke Joglosemar, Apa Saja yang Bisa Dieksplorasi?

Kompas.com - 24/02/2024, 09:02 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Liburan pendek saat akhir pekan atau dikenal weekend getaway bisa menjadi pelipur lara ketika tenggat pekerjaan seakan tidak kenal putus. Aktivitas ini bisa memberi jeda dari rutinitas penyebab stres tersebut.

Psikolog klinis asal Florida, Amerika Serikat (AS), Marsha D Brown, PhD, mengatakan, liburan—sekalipun pendek seperti weekend getaway—punya dampak bagus bagi kesehatan mental. Dengan catatan, selama berlibur, Anda harus benar-benar terputus dari urusan pekerjaan.

“Jadi, benar-benar jangan membuka pesan WhatsApp dan email dari kantor. Sekadar melihat notifikasi di ponsel soal itu pun jangan. Lakukan aktivitas yang Anda suka selama liburan pendek,” jelas Marsha sebagaimana dikutip Kompas.com dari verywellhealth.com, Selasa (30/5/2023).

Weekend getaway ke Joglosemar

Bagi pekerja Jakarta, kawasan Bogor dan sekitarnya kerap menjadi destinasi weekend getaway favorit lantaran berdekatan. Karena favorit pula, kawasan ini tak jarang diwarnai kemacetan parah pada akhir pekan. Alih-alih healing, stres justru bisa meningkat saat weekend getaway.

Sebagai alternatif, pekerja Jakarta bisa melirik kawasan Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar). Ketiga kota ini punya banyak destinasi yang sayang jika tidak dieksplorasi.

Baca juga: Strategi Menabung Dollar AS agar Bisa Traveling ke Luar Negeri

Apalagi, penerbangan dari Jakarta ke Joglosemar hanya membutuhkan waktu 45 menit sampai 1 jam 15 menit.  Berikut adalah ulasan singkat aktivitas wisata di ketiga kota tersebut.

1. Yogyakarta

Yogyakarta bak punya magnet yang selalu menarik hati wisatawan untuk bertandang ke sana. Selain memiliki deretan pantai serta panorama pegunungan yang menawan, Yogyakarta menawarkan suasana akrab dan hangat dengan kultur budaya Jawa yang khas.

Di Kota Pelajar itu, Anda bisa berjalan kaki menyusuri Jalan Malioboro, menikmati wedang ronde, menyantap gudeg yang legendaris, serta belanja di Pasar Beringharjo. Dengan aktivitas ini, Anda dapat merasakan keramah-tamahan warga Yogyakarta.

Esoknya, Anda bisa menyaksikan kemegahan Candi Prambanan, melihat "cahaya surga" di Gua Jomblang, dan berburu foto Instagramable di hutan pinus Mangunan.

Kudapan khas Solo Selat Solo. Penganan satu ini wajib dicicipi saat bertandang ke Kota Solo.
Dok. Shutterstock/ Dwihard Kudapan khas Solo Selat Solo. Penganan satu ini wajib dicicipi saat bertandang ke Kota Solo.

2. Solo

Selain Yogyakarta, kota di Pulau Jawa yang menarik disambangi untuk weekend getaway adalah Solo. Dikenal dengan julukan “The Spirit of Java”, Solo punya deretan tempat wisata yang menarik.

Baca juga: Begini Pesan Konsultan Keamanan Siber agar Terhindar dari Kejahatan Carding

Sebut saja, Keraton Surakarta, Kampung Batik, Pura Mangkunegaran, Taman Balekambang, dan Taman Sriwedari. Ada pula Pasar Gede Solo yang kental dengan sejarah serta kuliner yang khas.

Di Pasar Gede, Anda bisa mencicip ragam aneka penganan khas Solo, mulai dari kue serabi, es gempol pleret, nasi liwet, selat solo, hingga tengkleng dan tongseng.

Ilustrasi Gereja Blenduk di kawasan Kota Lama Semarang. Dok. Shutterstock/Singapic Ilustrasi Gereja Blenduk di kawasan Kota Lama Semarang.

3. Semarang

Kota Semarang di Jawa Tengah (Jateng) terus berbenah menjadi kota wisata yang menawan. Anda dapat menjadikan kota ini sebagai salah satu destinasi untuk agenda weekend getaway.

Kota Semarang memiliki beragam obyek wisata menarik, mulai dari Museum Lawang Sewu, Kampung Pelangi, hingga Kota Lama.

Nah, di Kota Lama, Anda dapat merasakan nuansa Eropa pada masa lalu yang tecermin dari gedung-gedung bersejarah di sana, seperti Gereja Blenduk, Spiegel, dan Gedung Marba.

Baca juga: 4 Cara Cerdas Atur Cash Flow biar Tidak Babak Belur di Akhir Bulan

Jangan lupa pula dengan kelezatan kuliner Semarang yang tak boleh dilewatkan. Anda dapat singgah ke Toko Oen yang legendaris untuk menikmati jajanan masa lalu, termasuk es krim.

Dari Toko Oen, Anda bisa bergeser ke kawasan pecinan Gang Lombok untuk menikmati penganan khas peranakan China dan jajanan khas Semarang, seperti lumpia.

Jika ingin mencicip kuliner lokal, mampirlah ke warung Nasi Koyor Kota Lama, Soto Bangkong, Tahu Gimbal Lumayan, Bakmi Jawa Doel Noemani, dan Nasi Goreng Babat Pak Karmin. Cita rasa kuliner-kuliner ini tidak akan Anda dapatkan di Jakarta.

Pengguna Kartu Kredit Jenius dari Bank BTPN, misalnya, bisa menukarkan Yay Points (poin pada Kartu Kredit Jenius) dengan rewards kategori Travel terbaru dari Jenius, yaitu GarudaMiles, loyalty program yang diberikan oleh Garuda Indonesia. Dok. Bank BTPN Pengguna Kartu Kredit Jenius dari Bank BTPN, misalnya, bisa menukarkan Yay Points (poin pada Kartu Kredit Jenius) dengan rewards kategori Travel terbaru dari Jenius, yaitu GarudaMiles, loyalty program yang diberikan oleh Garuda Indonesia.

Lebih hemat dengan poin kartu kredit

Selain banyak destinasi yang bisa dieksplorasi selama akhir pekan, getaway ke Joglosemar juga bisa dibilang mudah dan murah.

Mudah karena kawasan Joglosemar memiliki akomodasi lengkap, mulai dari hotel kapsul hingga bintang lima. Kawasan ini juga menyediakan transportasi publik nyaman berupa bus rapid transit (BRT) untuk menjangkau destinasi wisata.

Baca juga: Renovasi Rumah Antitekor, Begini Caranya

Soal murah, salah satunya Anda bisa memanfaatkan rewards poin kartu kredit untuk menghemat bujet getaway ke Joglosemar. Pengguna Kartu Kredit Jenius dari Bank BTPN, misalnya, bisa menukarkan Yay Points (poin pada Kartu Kredit Jenius) dengan rewards kategori Travel terbaru dari Jenius, yaitu GarudaMiles, loyalty program yang diberikan oleh Garuda Indonesia. Pengguna dapat dengan mudah menukarkan Yay Points yang mereka miliki secara real-time dari aplikasi.

Adapun 1 Yay Points didapat dengan bertransaksi sebesar Rp 10.000 dengan Kartu Kredit Jenius di merchant dalam negeri. Optimalkan pengumpulan Yay Points dengan Double Yay yaitu 1 Yay Points setara dengan transaksi  Rp 5.000 yang otomatis berlaku untuk setiap transaksi dengan  mata uang asing di luar negeri dan transaksi pada kategori pilihan. 

Liburan domestik jadi lebih nyaman dan hemat dengan menukarkan Yay Points ke GarudaMiles. Selain itu, poin GarudaMiles yang terakumulasi bisa ditukar dengan tiket penerbangan gratis, free kuota bagasi, hingga upgrade ke Business Class.

Kabar baiknya, Jenius akan mengadakan promo Yay Points dengan GarudaMiles pada 29 Februari 2024. Selama satu hari ini, Anda bisa mendapatkan bonus hingga 10.000 GarudaMiles yang didapat dari dua kali penukaran 15.000 Yay Points.

Pada penukaran 15.000 Yay Points pertama, Anda mendapatkan 15.000 miles serta bonus 5.000 miles. Penukaran 15.000 Yay Points kedua juga akan mendapatkan 15.000 miles dan bonus 5.000 miles. Penukaran ini dimulai pada 29 Februari 2024 pukul 00.00 hingga 23.59 WIB.

Baca juga: Program Pembiayaan Hijau, Wujud Nyata Sektor Perbankan dalam Membangun Masa Depan Berkelanjutan

Selain untuk getaway ke Joglosemar, penukaran Yay Points ke GarudaMiles bisa pula digunakan untuk beli tiket persiapan mudik Lebaran 2024 serta liburan tengah tahun dan akhir tahun dengan lebih nyaman.

Sebagai informasi, Kartu Kredit Jenius dari Bank BTPN adalah kartu kredit digital simpel yang pengajuan serta aktivasinya dapat dilakukan langsung dari aplikasi Jenius.

Dengan Kartu Kredit Jenius, nasabah bisa mengatur alokasi limit kredit, limit pembelanjaan, dan limit belanja per transaksi secara simpel sesuai kebutuhan lewat aplikasi. Nasabah pun bisa blokir dan buka blokir Kartu Kredit Jenius dengan praktis dari aplikasi Jenius.

Pengguna pun dapat merasakan kemudahan lain, yakni mengubah transaksi menjadi cicilan pakai Split Pay. Di aplikasi Jenius tersedia pula opsi Pembayaran Otomatis untuk tagihan bulanan terbayar langsung.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Kartu Kredit Jenius, klik tautan berikut


Terkini Lainnya

8 Syarat Mendaki Gunung Slamet usai Lebaran 2024, Wajib Surat Sehat

8 Syarat Mendaki Gunung Slamet usai Lebaran 2024, Wajib Surat Sehat

Travel Update
6 Tempat Wisata di Cicalengka Dekat Stasiun, Naik Motor 10 Menit

6 Tempat Wisata di Cicalengka Dekat Stasiun, Naik Motor 10 Menit

Jalan Jalan
Ribuan Orang Padati Kawasan Pantai Gunungkidul pada Libur Lebaran

Ribuan Orang Padati Kawasan Pantai Gunungkidul pada Libur Lebaran

Travel Update
Hingga Hari Kedua Lebaran, Candi Prambanan Dikunjungi 15.000 Orang

Hingga Hari Kedua Lebaran, Candi Prambanan Dikunjungi 15.000 Orang

Travel Update
Lebih dari 200.000 Orang ke Ancol Lebaran 2024, Puncaknya Hari Kedua

Lebih dari 200.000 Orang ke Ancol Lebaran 2024, Puncaknya Hari Kedua

Travel Update
Cegah Parkir Penuh Saat Lebaran 2024, Ancol Siapkan 97 Bus Gratis

Cegah Parkir Penuh Saat Lebaran 2024, Ancol Siapkan 97 Bus Gratis

Travel Update
Okupansi Kamar Hotel di Nusa Dua Bali Capai 80 Persen, Mayoritas Tamu Domestik 

Okupansi Kamar Hotel di Nusa Dua Bali Capai 80 Persen, Mayoritas Tamu Domestik 

Hotel Story
Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Timur dari Gubernur Khofifah 

Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Timur dari Gubernur Khofifah 

Jalan Jalan
Bus Wisata TransJakarta Tema Pencakar Langit, Simak Rute dan Tema Lain

Bus Wisata TransJakarta Tema Pencakar Langit, Simak Rute dan Tema Lain

Jalan Jalan
Promo Tiket Masuk Rivera, Tempat Wisata untuk Anak di Bogor

Promo Tiket Masuk Rivera, Tempat Wisata untuk Anak di Bogor

Jalan Jalan
7 Hotel di Lembang Dekat Farmhouse Susu dan Tempat Wisata Lainnya

7 Hotel di Lembang Dekat Farmhouse Susu dan Tempat Wisata Lainnya

Travel Update
Malioboro Jadi Lautan Manusia Saat Libur Lebaran 2024

Malioboro Jadi Lautan Manusia Saat Libur Lebaran 2024

Travel Update
Cara Beli Tiket Fast Track Dufan, Bisa Naik Wahana Tanpa Antre

Cara Beli Tiket Fast Track Dufan, Bisa Naik Wahana Tanpa Antre

Travel Tips
Viral Video Antrean Panjang di Dufan, Ini 3 Tips ke Sana Saat Libur Lebaran

Viral Video Antrean Panjang di Dufan, Ini 3 Tips ke Sana Saat Libur Lebaran

Travel Tips
9.000 Pengunjung Padati Dufan Hari Ini, Antrean Wahana Mengular

9.000 Pengunjung Padati Dufan Hari Ini, Antrean Wahana Mengular

Travel Update
komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com