Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Asia Afrika, Area Sejarah di Kiara Artha Park di Bandung

Kompas.com - 28/03/2024, 14:31 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kiara Artha Park di Kota Bandung, Jawa Barat, tidak hanya cocok jadi tempat bersantai dan berekreasi, tapi juga mengetahui sejarah.

Di area seluas kira-kira 13 hektar ini, terdapat berbagai aktivitas, fasilitas, dan restoran sehingga membuat Kiara Artha Park bisa dikunjungi semua kalangan.

Tak hanya itu, di Kiara Artha Park juga terdapat Taman Asia-Afrika. Sesuai namanya, taman tersebut didedikasikan untuk Konferensi Asia-Afrika (KAA) yang diadakan di Bandung tahun 1955 silam.

Baca juga:

Nisan yang berisikan Sejarah Konferensi Asia Afrika tahun 1955Dok. Kompas.com/ Zeta Zahid Yassa Nisan yang berisikan Sejarah Konferensi Asia Afrika tahun 1955

Pengunjung taman ini bisa melihat sejumlah patung tokoh-tokoh yang hadir saat KAA, antara lain Ali Sastroamidjojo dari Indonesia, Sir John Kotelawala dari Sri Lanka, Mohammad Ali Bogra dari Pakistan. Jawaharlal Nehru dari India, dan U Nu dari Myamnar.

Di setiap patung tersebut terdapat biografi singkat soal sang tokoh. Pengunjung pun bisa membacanya.

Tak jauh dari deretan patung, terdapat prasasti yang menjelaskan sejarah KAA, mulai dari latar belakang hingga negara-negara yang berpartisipasi.

Baca juga:

Patung Berjabatan Tangan oleh Ir Soekarno pada saat Konferensi Asia Afrika 1955Dok. Kompas.com/ Zeta Zahid Yassa Patung Berjabatan Tangan oleh Ir Soekarno pada saat Konferensi Asia Afrika 1955

Pengunjung pun bisa menjumpai patung berjabat tangan yang merupakan tangan Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Patung tersebut melambangkan terjalinnya kerja sama dari hasil Konferensi Asia-Afrika.

Sebagai informasi, Kiara Artha Park berlokasi di Jalan Banten, Kebonwaru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Harga tiket masuk tempat wisata ini mulai Rp 10.000. Bila ingin menjajal aktivitas wisata dan fasilitas di dalamnya, pengunjung harus membayar lagi.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com