Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Tiket Kapal Ferry ASDP Sudah Tidak Bisa Dibeli di Pelabuhan 

Kompas.com - 26/03/2024, 18:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry tidak lagi melayani pembelian tiket secara langsung di pelabuhan, khususnya Merak-Bakauheni sejak 2022. 

"Kami juga memberlakukan geofencing (batas radius) untuk pembelian tiket kapal feri sejauh empat kilometer dari pelabuhan, jadi sebaiknya tiket dibeli jauh hari sudah bisa dibeli H-60," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin, di kantor Tiket.com, Jakarta, Senin (25/3/2024). 

Kebijakan pembelian tiket kapal ferry 100 persen melalui online ini menurut Shelvy dapat mengurangi keramaian penumpang dan kendaraan di pelabuhan. 

Baca juga: Batas Area Pembelian Tiket Kapal Ferry di Pelabuhan Merak hingga Gilimanuk

"Kalau beli online rata-rata waktu tunggu penumpang dua sampai tiga jam, beda kalau beli langsung penumpang bisa menunggu sampai tujuh jam di pelabuhan ," jelas Shelvy. 

"Nanti kalau beli di pelabuhan menunggu sampai lama, penumpang juga yang jadi tidak nyaman dan mengeluh," pungkasnya. 

Saat ini tiket kapal ferry dapat dibeli di aplikasi Ferizy.com dan mitra resmi ASDP seperti Indomaret, Alfamaret, Agen BRILink dan Agen Finpay. Terbaru, ASDP bekerja sama dengan Tiket.com untuk penjualan tiket. 

"Kami optimistis pemesanan tiket ferry akan terus meningkat menjelang hari-H Lebaran. Saat ini kami memang baru melayani pembelian tiket untuk Merak-Bakauheni (PP) dan Ketapang- Gilimanuk (PP)," kata Head of Group Transportation Tiket.com, Julian Martin. 

Baca juga: Daftar Promo THR dari Tiket.com, dari Transportasi sampai Akomodasi

Sejak tiket ferry ASDP dijual di Tiket.com per Desember 2023, Shelvy mengatakan persentase penjualan tiket, 20 persen sudah berasal dari sana. 

Sementara data dari Tiket.com menunjukkan adanya pengingkatan pembelian tiket ferry pada pekan pertama Ramadhan, sebanyak 10 persen dibandingkan pekan sebelumnya. 

"Penerapan teknologi dalam layanan kami merupakan komitmen untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas layanan bagi masyarakat yang siap untuk mudik," kata Shelvy. 

"Dengan pembelian tiket secara online, diharapkan pengguna kapal ferry sudah bertiket maksimal H-1 keberangkatan,” pungkasnya. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com