Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangga Melayang di Norwegia Tawarkan Sensasi Menegangkan

Kompas.com - 10/06/2024, 17:05 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com - Ada atraksi baru musim panas telah hadir di Fjord Norwegia, tepatnya di desa Loen, Norwegia. 

"Stigull" namanya, suatu tangga sepanjang 40 meter yang membentang 790 meter di atas fyord. Penggagas Nya, Per Helge Bø, mengatakan bahwa sensasi yang ditawarkan oleh Stigull membuat orang-orang merasa seolah-olah melayang di udara.

Dibuka pada 31 Mei lalu, Stigull merupakan tambahan terbaru dari Via Ferrata Loen yang populer. 

Baca juga: Benarkah Paspor Norwegia Adalah yang Terkeren di Dunia?

Untuk mencapai 120 anak tangga, pendaki harus mendaki bagian awal dari rute yang indah menuju puncak Gunung Hoven.

Mengutip dari Mynewdesk, Senin (10/06/2024), tangga ini dibangun untuk membuat fasilitas Via Ferrata di Loen menjadi lebih lengkap dan merupakan yang pertama di Norwegia.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Dengan 120 anak tangga dan kemiringan 45 derajat, tangga ini memenuhi standar internasional. Lokasinya menawarkan pemandangan lanskap fyord yang luar biasa.

Tangga "Stigull" ini terletak di Loen di Nordfjord dan merupakan bagian dari Rute 2, yang terletak di sebelah timur kereta gantung Loen Skylift. Via Ferrata terhubung dengan zipline dan jembatan gantung, serta rute pendakian dengan berbagai tingkat kesulitan.

Dari puncak Gunung Hoven, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang fantastis, restoran, dan toko yang terhubung dengan kereta gantung. Perusahaan Austria yang terkenal, HZI, telah membangun tangga tersebut.

Baca juga: Sempat Dikira Sampah, Pria di Norwegia Temukan Pedang Viking Berusia 1.000 Tahun

Tangga "Stigull" ini menawarkan sensasi yang tak terbantahkan dan pemandangan spektakuler, tapi mungkin bukan untuk yang penakut. 

Tangga sepanjang 131 kaki ini terlihat seperti orang yang melayang di udara ketika dilihat dari jembatan gantung Gjølmunne di dekat Loen.

Tangga Loen Stigull - yang memiliki sudut 45 derajat - hanya dapat diakses oleh para pendaki yang telah mendaki sebagian rute via ferrata menuju puncak Loen's Mount Hoven. Ini berarti bahkan ketika Anda mulai menaiki tangga, Anda sudah berada di ketinggian.

Pengunjung memiliki pilihan untuk mendaki Via Ferrata Loen dengan atau tanpa pemandu, tergantung tingkat pengalaman mereka. 

Mengutip CNN Travel, Senin (10/06/2024) Harga pendakian dengan pemandu mulai dari 1.695 Krone Norwegia (sekitar Rp 3,9 juta) untuk orang dewasa dan anak-anak berusia di atas 12 tahun juga dapat mengikuti tur dengan pemandu dengan biaya 1.535 Krone Norwegia (sekitar Rp 3,6 juta).

Pengunjung juga dapat memesan kegiatan lain termasuk kayak, stand-up paddle boarding dan naik zipline di Mount Hoven. Bagi mereka yang memulai rute via ferrata, ada beberapa langkah yang dilakukan untuk memastikan keselamatan pendaki.

Baca juga: Indonesia-Norwegia Kerja Sama Kehutanan, Tingkatkan Sarana Konservasi

"Memanjat tangga itu sendiri tidaklah sulit, tetapi eksposur dan rasa pencapaian yang Anda rasakan saat memanjatnya sangat luar biasa," kata Per Helge Bø.

Instalasi baru ini menekankan komitmen untuk menawarkan pengalaman yang unik dan menarik di lingkungan yang spektakuler. 

“Kami mendorong semua pencari petualangan untuk mencoba Stigull dan mendapatkan pengalaman fyord yang benar-benar unik" tutup Bø.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com