Benarkah Paspor Norwegia Adalah yang Terkeren di Dunia?

Kompas.com - 16/11/2020, 12:01 WIB
Paspor Norwegia terbaru yang mengusung tema lanskap negara tersebut. dok. Catharina CaprinoPaspor Norwegia terbaru yang mengusung tema lanskap negara tersebut.

KOMPAS.com – Norwegia memiliki deretan paspor dan kartu identitas baru yang terlihat cantik.

Melansir Lonely Planet, Senin (9/11/2020), paspor dan kartu identitas tersebut memiliki ilustrasi pemandangan Norwegia yang dapat berubah dari malam hari ke siang hari di bawah sinar ultraviolet.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Ini Kekuatan Paspor Indonesia 2020

Adapun, sejumlah identitas diri tersebut didesain oleh Neue Design Studio yang berbasis di Oslo, ibu kota negara tersebut.

Studio desain tersebut berhasil memenangkan kontrak desain berkonsep pemandangan Norwegia.

Paspor Norwegia terbaru yang mengusung tema lanskap negara tersebut.dok. Catharina Caprino Paspor Norwegia terbaru yang mengusung tema lanskap negara tersebut.

Tujuan keseluruhan dari desain ulang paspor adalah untuk meningkatkan keamanan paspor, kartu identitas, dan dokumen perjalanan.

Aspek penting lain adalah paspor harus memiliki hubungan yang erat dengan warga Norwegia. Setelah pengembangan selama enam tahun, versi final dari paspor tersebut kini telah diluncurkan.

Tim desain membuat sebuah cerita visual yang komprehensif. Setiap halaman mewakili cerita unik di Norwegia.

Baca juga: Kekuatan Paspor Negara ASEAN 2020, Indonesia Urutan Berapa?

Dengan menggunakan ilustrasi bagian-bagian dari panorama Norwegia yang luas, Neue ingin menunjukkan kontras lanskap dan iklim yang membentuk orang Norwegia.

Mereka juga ingin memperlihatkan kontras lanskap dan iklim yang menawarkan peluang dan sumber daya, tempat rekreasi, juga pemandangan peristiwa sejarah yang penting.

“Desain harus menciptakan rasa kepemilikan dan koneksi antar usia, jenis kelamin, dan wilayah di Norwegia,” ungkap desainer senior di Neue, Benjamin Stenmarck, mengutip Lonely Planet.

Paspor Norwegia terbaru yang mengusung tema lanskap negara tersebut.dok. Catharina Caprino Paspor Norwegia terbaru yang mengusung tema lanskap negara tersebut.

“Maka dari itu, kami harus melihat dasar sejarah kami dan apa yang ada dalam budaya masyarakat Norwegia yang menciptakan rasa kepemilikan,” imbuhnya.

Menurut Stenmarck, mereka menemukannya di alam yang selalu menjadi bagian dari sejarah mereka.

Baca juga: Dua Negara Ini Punya Paspor Terlemah Tahun 2020, Mana Saja?

Pemandangan yang mengelilingi mereka memberi rasa keterlibatan dan kebanggaan, juga mengisi fungsi simbolik bagi seluruh warga Norwegia.

“Gambar pemandangan dapat dengan mudah menjadi klise, tetapi dengan diterima secara meluas dan mengakar dalam budaya Norwegia, gambar tersebut juga sangat mudah untuk diidentifikasi,” pungkas Stenmarck.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X