Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kala Para Duta Besar Luar Negeri Nikmati Keindahan sembari Tanam Pohon di Parapuar Labuan Bajo

Kompas.com - 01/07/2024, 07:07 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Duta Besar negara Asean, serta Benua Afrika, Eropa, dan Amerika melakukan kunjungan ke Labuan Bajo sejak Kamis (27/6) hingga Sabtu (29/6/2034).

Rangkaian kunjungan yang berlangsung selama 3 hari merupakan diiplomatic Tour Indonesia Gastrodiplomacy Series.

Dalam kunjungannya kali ini, para Dubes dan rombongan tamu lainnya melaksanakan beberapa agenda kunjungan.

Baca juga: 23 Duta Besar Luar Negeri Akan Diajak Jalan-jalan ke Pulau Padar dan Pink Beach TN Komodo

Beberapa di antaranya island hopping Kawasan Taman Nasional Komodo dan mengunjungi wisata baru yang merupakan kawasan terintegrasi dengan pariwisata Labuan Bajo, yaitu Parapuar.

Di Parapuar, mereka menikmati keindahan Labuan Bajo dari ketinggian. Parapuar memang menjadi spot menikmati 360 derajat keindahan Labuan Bajo.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Dalam kunjungannya ke Parapuar, 18 dari 24 Dubes melakukan green action Parapuar dengan menanam sebanyak 30 pohon Tabebuya Kuning.

Para Duta Besar dan rombongan juga diajak melakukan meditasi bersama, menikmati penampilan memukau tarian para penari dari Tate Kind Art Labuan Bajo, dan menikmati sarapan kuliner lokal.

Baca juga: Pengembangan Kawasan Parapuar di Labuan Bajo Terus Diperkuat Penguatan Konten Budaya Manggarai

"Tindakan ini menunjukkan komitmen kami yang kuat untuk mempromosikan pembangunan hijau dan regeneratif serta untuk mendukung gerakan hijau global," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Frans Teguh di Parapuar, Sabtu (29/6/2024).

Ia mengungkapkan, Parapuar dengan karakteristik uniknya, menawarkan sejumlah investasi potensial seperti Green House, Botanic Garden, Eco MICE, Healing Forest, serta Cultural, dan Natural Conservation (3ECNC) sebagai pedoman masa depan.

Foto : Panorama kota Labuan Bajo dilihat dari kawasan Parapuar.Dokumen BPOLBF Foto : Panorama kota Labuan Bajo dilihat dari kawasan Parapuar.

Duta Besar Turkiye untuk Indonesia Talip Kucukcan mengatakan, Parapuar sangat unik dan istimewa dengan adanya kegiatan green action sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

“Saya menanam pohon di sini yang berarti saya memiliki koneksi dengan Parapuar, harapannya tahun depan saya bisa kembali lagi ke sini untuk melihat pohon yang saya tanam hari ini bertumbuh dengan baik," tutur Talip.

Baca juga: Sandiaga Promosikan Keindahan Parapuar Labuan Bajo, Upaya Tarik Investor

Talip mengatakan bahwa dirinya akan mempromosikan destinasi Parapuar dan Labuan Bajo Flores pada umumnya ini ke masyarakat Republik Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com