Kamis, 24 April 2014

News / Travel

Menjajal Wisata Ekstrem di Deep and Extreme Indonesia

Jumat, 5 April 2013 | 12:21 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran industri selam, wisata bahari, petualangan dan ekowisata, Deep and Extreme Indonesia resmi dibuka, Kamis (4/4/2013). Pameran yang berlangsung hingga Minggu (7/4/2013) di Hall A Jakarta Convention Centre (JCC) tersebut menyajikan wisata ekstrem seperti diving, panjat tebing, susur gua, dan naik gunung.

Nah, jika Anda tertarik untuk datang, jangan hanya melihat-lihat atau berbelanja perlengkapan wisata. Coba pula kegiatan ekstrem yang ada di sana, seperti mendatangi area caving wall.

Di area caving wall, Anda akan menemukan tiang-tiang besi yang kokoh menjulang dengan tali-tali besar menggantung di sisi-sisinya, di tengah area terpajang perahu karet besar yang biasa dibuat olahraga rafting. Ya, area itu merupakan area simulasi saat akan melakukan wisata susur gua. Tali-tali yang menggantung sengaja dipasang bila ada pengunjung yang ingin menjajal sensasi menuruni kedalaman gua dengan hanya menggantung pada tali.

"Kalau caving itu ada guanya yang horizontal ada yang vertikal juga, di sini semacam latihan," ujar Hari, salah satu instruktur susur gua.

Jangan khawatir masalah keselamatan, karena meskipun hanya latihan, peralatan keselamatan tak berbeda jauh saat melakukan susur gua sesungguhnya.

Saat "manjat" pun tak sendirian, tetapi ditemani oleh satu orang instuktur secara privat. Karena, untuk pemula, naik ke ketinggian yang hanya bergantung dengan seutas tali cukup menegangkan.

"Kalau untuk susur gua beneran itu kita pakai helm yang ada alat penerang, sepatu boot, pakaian keselamatan semuanya. Kalau pemula itu biasanya kita ditemenin sama instruktur terus diajak ngobrol jadi nggak gugup," terang Hari.

Selain caving wall, kegiatan lain yang patut dicoba ialah scuba experience (scubex). Scubex yang ditawarkan terutama diperuntukkan bagi para pemula yang ingin mencoba menyelam. Area scubex berada di pintu masuk pameran, berupa akuarium besar yang penuh air.

"Kalau untuk pemula di sini kita nyoba bernapas dalam air, cara mengatasi tekanan dalam air. Paling lima menit-an di dalam," tutur Agus Priyanto, salah satu instruktur scuba diving.

Anda tak perlu repot membawa peralatan selam, karena pihak penyelenggara telah mempersiapkan. Tipsnya untuk mencoba scubex adalah membawa baju ganti atau minimal pakaian dalam.

Jika Anda tertarik untuk mencoba kedua wisata tersebut, langsung saja datangi pameran Deep And Extreme Indonesia yang buka dari jam 10.00 - 22.00. Untuk pengunjung umum dikenakan biaya tiket Rp 20.000. Sedangkan untuk mencoba kedua wisata itu tidak dipungut biaya atau cuma-cuma.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel


Penulis: Fitri Prawitasari
Editor : I Made Asdhiana