Kamis, 27 November 2014

News / Travel

Bandara Lombok Akan Dijadikan "City Airport"

Selasa, 16 April 2013 | 11:56 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Bandara Internasional Lombok (BIL) akan dijadikan "City Airport". Oleh karena itu BIL akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti pusat perbelanjaan dan hotel sehingga pelayanan di bandara ini mencerminkan sebuah kota.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ridwan Syah di Mataram, Senin (15/4/2013), mengatakan, dalam hal ini diperlukan investasi, karena itu PT Angkasa Pura mengundang investor untuk membangun fasilitas tersebut.

"PT Angkasa Pura mengundang investor untuk membangun fasilitas di dalam kawasan BIL. Luas kawasan bandara ini merupakan yang kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta, yakni seluas  551 hektare. Terkait investasi tersebut perlu didukung oleh kondisi sosial di sekitar kawasan bandara," katanya.

Ridwan mengatakan, bagaimana investor berminat untuk membuka usaha, kalau mereka merasa tidak nyaman dan tidak ada kemudahan. Dalam hal ini tidak bisa hanya dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan dan PT Angkasa Pura.

Menurut Ridwan, keberadaan BIL ini menjadi semakin strategis, karena di sebelah selatan bandara itu ada Mandalika Resor. Di lokasi ini sedang dibangun infrastrukutu pendukung, seperti jalan.

Terkait dengan rencana perpanjangan landasan pacu pesawat dari 2.750 meter menjadi 3.000 meter, Ridwan mengatakan, menurut informasi dari Kementerian Perhubungan dana untuk perpanjangan landasan pacu (runway) itu akan dianggarkan dari APBN Perubahan 2013.

"Masalah perpanjangan landasan pacu BIL kita serahkan kepada Kementerian Perhubungan. Perpanjangan runway BIL merupakan instruksi langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Menhub," katanya.

Setelah setahun BIL beroperasi atau mulai 1 Oktober 2011 telah terbukti meningkatkan perekonomian di daerah itu. Dampak secara langsung dari beroperasinya BIL di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, itu antara lain meningkatnya angka kunjungan wisatawan.

Terpenuhinya target satu juta wisatawan yang ditetapkan dalam program unggulan Visit Lombok Sumbawa (VLS) 2012, lanjut Ridwan,  tidak terlepas dari dukungan BIL. Keberadaan bandara tersebut merupakan salah satu faktor penentu terealisasinya target kunjungan satu juta wisatawan.

 


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: