Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hangat dan Nikmatnya Mi Cakalang Kuah

Kompas.com - 29/07/2014, 12:56 WIB
Dhanang David Aritonang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Bulevard Raya di daerah Kelapa Gading memang terkenal dengan deretan rumah makan yang tenar di kalangan pecinta kuliner. Rasa penasaran yang mengantarkan saya untuk mengunjungi daerah ini. Setelah beberapa menit melintasi jalanan ini, akhirnya saya memutuskan untuk mencicipi makanan di salah satu rumah makan Manado di daerah ini.

Di Restoran Ikan Tude Manado, menu utama sebenarnya adalah ikan tude atau yang biasa disebut sebagai ikan kembung. Ikan tude ini diolah dengan cara dibakar ataupun digoreng, kemudian dihidangkan dengan seporsi nasi hangat. Pilihan saya tidak tertuju pada ikan tude tersebut, saya lebih tertarik dengan hidangan mi cakalang di restoran ini.

Hidangan mi cakalang terdiri dari dua olahan yaitu berupa mi cakalang kuah atau mi cakalang goreng. Berhubung cuaca sedang hujan pada saat itu, saya pikir mi cakalang kuah akan lebih nikmat untuk disantap. Setelah menunggu 15 menit, akhirnya hidangan saya pun tiba di meja makan.

Uap panas yang mengepul dari mangkuk, mengeluarkan aroma cakalang yang cukup kuat. Meski begitu, aroma tersebut tidak tercium amis karena mi cakalang ini disajikan dengan bumbu rempat seperti daun bawang, bawang merah, dan bawang goreng. Irisan daging ikan cakalang ditaburi di atas mi tersebut.

Kuah dari mi cakalang ini tampak bening dengan sedikit rasa merica yang membuat sensasi pedas di lidah. Sebagai pelengkap, mi cakalang ini juga disajikan dengan sawi putih sebagai sayurannya. Irisan daging cakalang yang bersatu dengan kuah mie memberikan cita rasa laut yang gurih.

Untuk seporsi mi cakalang, saya cukup merogoh kocek sebesar Rp 30.000. Selain mi cakalang dan ikan tude, pengunjung juga dapat menikmati hidangan Manado lainnya seperti bubur Manado, bebek rica-rica, dan ayam bakar bumbu woku. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com