Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2016, 09:41 WIB
TEPAT 8 Februari 2016, Tahun Kambing Kayu yang tenang akan digantikan oleh Tahun Monyet Api yang lincah. Warga Tionghoa di Tanah Air, di Tiongkok, dan di berbagai penjuru dunia bersiap-siap menyambut tahun baru, Tahun Monyet Api yang optimistis.

Monyet diasosiasikan sebagai hewan yang memiliki sifat cerdas, ceria, kreatif, dan aktif bergerak, tetapi terkadang culas dan licik.

Karena itu, monyet sering dianggap sebagai hewan yang mampu menyelesaikan berbagai persoalan dan dapat bekerja sama dengan baik dalam kelompok.

Itu sebabnya, ada harapan berbagai masalah politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang dialami bangsa ini bisa diselesaikan pada Tahun Monyet Api ini.

Budaya Tionghoa sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Suasana keriuhan tahun baru Imlek juga mulai terasa di beberapa wilayah di Indonesia.

Di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/2/2016), diselenggarakan Pasar Imlek Semawis. Di pasar ini dimunculkan sajian terkenal di Guangdong, Tiongkok, yakni ayam garam (pesak) dengan tema ”Tuk Panjang, Sedepa Jadi Sehasta”.

”Pada pembukaan Pasar Imlek Semawis ini, kami menggelar makan besar bersama-sama warga, tokoh masyarakat, dan pejabat pemerintah. Sajian makan bersama ini diberi nama Tuk Panjang atau meja panjang,” kata Ketua Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata (Kopi Semawis) Harjanto Halim di Semarang, Rabu (3/2/2016).

Gelar Tuk Panjang merupakan perluasan dari makna keberagaman. Menurut Harjanto, warga lokal dengan warga Tionghoa di kawasan Pecinan Semarang sudah saling mengenal dan saling membantu selama ini. Kebersamaan itulah yang menjadi roh setiap kali kegiatan menyambut Imlek.

Dengan adanya Gelar Tuk Panjang, makan bersama tiga elemen, yakni warga, tokoh masyarakat, dan pejabat pemerintah, mereka bisa saling mengenal, saling akrab, dan hubungan yang berjarak bisa mencair.

Seperti pepatah, ”Sedepa jadi sehasta”, warga yang kurang dikenal tokoh masyarakat bisa saling berbaur, kemudian pejabat pemerintah yang sulit dikenali warga mau turun untuk makan bersama warganya.

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Menjelang perayaan tahun baru Imlek, pedagang tanaman hias mulai menjual pohon jeruk kimkit di Jalan Gerbang Pemuda, Senayan, Jakarta, Kamis (4/2/2016). Tanaman yang dipercaya dapat membawa keberuntungan tersebut dijual dengan harga Rp 1,5 juta per pot.
Tuk Panjang digelar pada hari Kamis sekitar pukul 18.00 di sepanjang Gang Pinggir hingga Gang Wotgandul Timur. Disiapkan meja sepanjang 90 meter dan lebar 0,8 meter.

Sajian menu yang tersedia dimsum halal, terdiri dari udang, bakpao ayam, serta siomay ayam udang. Lalu ada lunpia, sup, tidak ketinggalan cah rebung, sambal goreng, kue keranjang, wedang tahu, dan es kelengkeng.

Harjanto mengatakan, Gelar Tuk Panjang menjadi spirit baru keberagaman di Kota Semarang. Tradisi makan besar bersama ini merupakan tradisi masyarakat Tionghoa yang sudah lama tenggelam. Mulai tahun ini, tradisi ini mulai diperkenalkan kembali kepada masyarakat.

”Tujuannya, makan bersama bukti semua warga, dari etnis apa pun dan latar belakang agama apa pun, menjadi keluarga besar, tidak hanya keluarga Pecinan, tetapi juga keluarga besar Semarang, keluarga Indonesia yang makin damai dan sejahtera bersama,” papar Harjanto.

Juga akan digelar berbagai pertunjukan kesenian dan kegiatan budaya Tionghoa, seperti atraksi barongsai, wayang potehi klasik khas Tiongkok, penampilan musik Lam Kwan, peragaan wushu, permainan catur gajah, seni menulis huruf Mandarin, dan berfoto dengan busana berbagai karakter dewa dewi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com