Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Tangkap Ikan Bersama Ribuan Orang di Pulau Terluar? Catat Tanggalnya...

Kompas.com - 08/04/2016, 16:42 WIB

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Sebuah festival yang akan melibatkan ribuan orang secara bersamaan akan dihelat oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada bulan Mei mendatang

Ribuan orang yang terlibat tersebut, secara bersama-sama pada waktu yang sudah ditentukan akan menangkap ikan yang sebelumnya dipanggil dengan ritual tertentu.

Festival yang dinamakan Festival Manami tersebut akan digelar di Pulau Miangas, salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan Filipina.

"Manami akan digelar pada tanggal 21 Mei 2016 nanti. Kalau tahun lalu festival serupa, Festival Manee kami gelar di Kakorotan dan Intata, kali ini kami gelar di Miangas dengan sebutan Festival Manami," jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Talaud, Isak Tamaroba, Jumat (8/4/2016).

Dalam festival itu nanti, warga lokal di Miangas dengan kearifan yang mereka miliki secara turun-temurun akan mengurung ikan saat air laut mencapai surut terendah. Proses mengurung ikan tersebut menjadi sebuah atraksi budaya yang tidak kalah menariknya.

KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Tradisi Manee merupakan kearifan lokal warga Pulau Intata, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara menangkap ikan dengan menggunakan janur kelapa yang dibentangkan.
Pasalnya, ada banyak tahap yang harus dilalui, sebelum para tetua adat mempersilakan peserta festival meramai-ramai menangkap ikan secara bersama.

Ribuan ikan dari berbagai jenis dan ukuran itu, akan dikurung dengan menggunakan tali hutan yang panjangnya mencapai ribuan meter.

Di sepanjang tali hutan itu, diikatkan janur kelapa yang berfungsi untuk menghalau ikan. Ikan yang terhalau, dan diyakini oleh warga lokal datang karena dipanggil tersebut akan dikumpulkan menjadi satu lingkaran besar.

Dengan terlebih dahulu mempersilakan tamu kehormatan yang diundang untuk menangkap ikan, proses menangkap ikan itu kemudian menjadi sebuah atraksi yang sangat riuh.

"Seperti tahun sebelumnya, kami akan menyediakan beberapa kapal untuk mengangkut siapa saja yang ingin melihat festival tersebut. Kapal akan bertolak dari Melonguane. Kalau tahun lalu Festival Manee dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, tahun ini kami juga akan berusaha menghadirkan tamu kerhormatan dari Jakarta," kata Ishak.

KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Warga bersiap menangkap ikan yang sudah terkurung di sami saat Festival Mane'e digelar di Pulau Intata, Talaud, Sulawesi Utara, Sabtu, 7 Mei 2015.
Bagaimana ke Miangas?

Nah untuk anda yang ingin menghadiri Festival Manami tersebut, berikut cara agar bisa sampai ke Pulau Miangas, sebagai garda depan Indonesia.

Pertama-tama anda harus datang ke Manado, tersedia penerbangan setiap hari ke Manado dengan pilihan berbagai maskapai dari pagi hingga malam.

Dari Manado, ada penerbangan ke Bandara Melonguane, di Talaud. Hanya ada satu penerbangan setiap hari ke Melonguane, yakni penerbangan pagi hari.

Jadi sebaiknya anda tiba di Manado pada siang hari, biar bisa melakukan city tour di Manado. Banyak budget hotel di Manado. Di Melonguane, tidak ada hotel, yang ada hanya beberapa penginapan. Carilah penginapan yang dekat dengan pelabuhan, agar memudahkan anda mengetahui jadwal kapal ke Miangas.

Jangan khawatir, Pemerintah Kabupaten Talaud akan menyediakan kapal untuk mengangkut anda ke Miangas. Gratis. Perjalanan anda ke Miangas akan berbarengan dengan ribuan warga Talaud lainnya yang juga akan hadir di Festival Manami. Berusahalah untuk tiba di Melonguane pada tanggal 19 Mei.

Kompas.com/Ronny Adolof Buol Salah satu sisi Pulau Intata, Kecamatan Nanusa, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara tempat digelarnya Festival Mane'e
Selain dengan pesawat udara, akses ke Melonguane bisa dilakukan melalui kapal dari Pelabuhan Manado. Kapal ke Melonguane berangkat setiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Jadi jika dengan kapal, sebaiknya anda berangkat pada Rabu (18/5/2016). Anda akan tiba di Melongunae pada pagi keesokan harinya.

Dari Miangas, anda akan naik kapal yang sama ke Melonguane dan bisa kembali ke Manado dengan dua pilihan transportasi itu.

Jika punya banyak waktu, cobalah menjelajahi Talaud dalam beberapa hari. Kabupaten paling Utara itu mempunyai sejumlah destinasi wisata yang luar biasa indahnya. "Kami memiliki banyak sekali destinasi wisata yang alami seperti pulau, pantai, gunung dan juga budayanya," kata Isak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com