Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Lokasi Chinatown Borobudur?

Kompas.com - 15/04/2016, 19:14 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Rencana pemerintah pusat membangun Chinatown di dekat Candi Borobudur telah menjadi perbincangan hangat masyarakat, terutama masyarakat di sekitar cagar budaya dunia itu.

Masyarakat masih bertanya-tanya di mana kawasan tersebut akan dibangun dan dikembangkan. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Edy Susanto membenarkan bahwa Kementerian Pariwisata akan membangun Chinatown guna meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Candi Borobudur.

(Baca: Chinatown Akan Berdiri Dekat Borobudur Tahun Depan)

Hanya saja, kata Edi, kawasan tersebut kemungkinan akan dibangun di wilayah Kota Magelang bukan di Kabupaten Magelang yang notabene sebagai letak Candi Borobudur berdiri. Edi mengaku kepastian tersebut sebagaimana dipaparkan oleh Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Prioritas, Kementerian Pariwisata RI, dalam Rapat Koordinasi (rakor) Pengembangan 10 Destinasi Prioritas di Jakarta, 13 April 2016 lalu.

"Tim percepatan menyebut kalau Chinatown akan dibangun di Kota Magelang bukan di Kabupaten Magelang," kata Edi, ditemui di kantornya, Jumat (15/4/2016).

Ditanya terkait alasan pemilihan Kota Magelang sebagai lokasi Chinatown, Edi mengaku tidak mengetahui secara pasti. Hal tersebut sudah menjadi kewenangan pemerintah pusat.

"Memang masyarakat ada yang sudah bertanya-tanya tentang Chinatown itu, tapi kami belum tahu konsepnya seperti apa. Kami juga meminta pemerintah untuk segera memberikan informasi yang benar dan akurat terkait hal itu kepada masyarakat," kata Edi.

Edi menyakinkan bahwa pemerintah Kabupaten Magelang telah memberikan masukan kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang saat ini tengan membahas pra peraturan presiden (perpres) tentang Badan Otorita Pariwisata (BOP) Borobudur.

"Pak Bupati (Zaenal Arifin) sendiri yang memberikan masukan bahwa dalam perpres itu harus mengutamakan kepentingan masyarakat Kabupaten Magelang. Mereka harus dilibatkan dalam pengembangan pariwisata Candi Borobudur sehingga mereka juga menikmati hasilnya," papar dia.

Senada dengannya, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Agung Trijaya, mengungkapkan kawasan Chinatown akan dibangun di wilayah Kota Magelang bukan Kabupaten Magelang.

"Ya, pemerintah akan membangun Chinatown, tapi di Kota Magelang, silakan konfirmasi ke Walikota Magelang," kata Agung dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat siang.

Agung juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Magelang sejauh ini telah memberikan masukan kepada tim yang sedang membahas pra perpres, masukan itu terkait keterlibatan Kabupaten Magelang terutama di sekitar Candi Borobudur yang harus diprioritaskan.

Seperti diberitakan Menteri Pariwisata Arief Yahya berencana akan membangun Chinatown dekat dengan Candi Borobudur guna meningkatkan tingkat kunjungan dan masa kunjungan wisatawan mancanegara di kawasan candi Buddha terbesar di dunia itu.

"Saat ini, sedang ada investor yang membuka Chinatown di dekat Borobudur. Tahun 2017 akan selesai," kata Arief, di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com