Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Liburan Nekat Pesan Hotel "Last-Minute"? Ini Tips Rahasianya...

Kompas.com - 06/05/2016, 11:05 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Liburan akhir pekan yang panjang ini, bisa dipastikan hotel-hotel di beberapa daerah di Indonesia yang merupakan destinasi wisata favorit sudah penuh diisi. Namun bagaimana jika Anda merencanakan pergi "last minute"? Mungkinkah booking kamar hotel last minute?

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan penginapan pada musim liburan dengan waktu perencanaan yang singkat.

Manfaatkan situs sharing economy

Gunakan situs-situs seperti Airbnb atau HomeAway. Situs-situs ini menawarkan penyewaan kamar, vila, maupun rumah kepada penggunanya. Kamar-kamar pribadi disewakan dengan harga yang murah.

Tinggal pintar-pintar mencari akomodasi yang nyaman dan juga berlokasi sesuai dengan yang Anda inginkan. Cek juga reputasi pemilik akomodasi tersebut.

Manfaatkan kenalan dan komunitas

Komunitas couchsurfing sudah terkenal sejak lama menjadi andalan para pelancong untuk mencari tempat menginap. Asas kepercayaan tentu menjadi hal yang utama.

Selain itu, carilah kenalan yang hendak ke luar kota. Tentu saja kenalan tersebut berada di kota yang memang Anda tuju. Ibaratnya daripada rumahnya kosong, Anda bisa membantunya untuk "menjaga" rumah tersebut. 

Manfaatkan jaringan Anda untuk hal seperti ini. Apalagi kemungkinan memang banyak keluarga yang keluar kota pada akhir pekan ini. Bisa juga gunakan situs tukar rumah selama liburan seperti HomeExhange.

Kontak travel agent tradisional

Jika selama ini Anda sudah terbiasa memesan kamar secara online, tidak ada salahnya Anda mengontak travel agent tradisional (offline).

Biasanya mereka memiliki vocer hotel atau slot kamar dengan harga lebih murah daripada harga pasaran. Pilih travel agent besar yang memang sudah memiliki slot kamar dalam jumlah besar.

Cari homestay atau hotel berbintang 5

Sebagian besar hotel yang habis dipesan adalah kelas budget hingga hotel bintang tiga. Jadi, jangan tanggung dan carilah hotel berbintang empat atau lima, jika anggaran berlibur Anda memungkinkan.

Harga belum tentu mahal, karena hotel-hotel berbintang berani memberikan harga terbaik di sisa liburan panjang ini daripada kamar hotel mereka kosong.

Pilihan lain adalah home stay. Cari rumah-rumah penduduk yang biasa disewakan untuk wisatawan. Rumah-rumah penduduk di pulau atau di desa-desa wisata biasanya sudah biasa menerima turis.

Gunakan aplikasi online pemesanan hotel

Ada beberapa aplikasi pemesanan hotel yang menawarkan harga kamar murah seperti Nida Room yang memberikan diskon selama liburan panjang ini. Pilihan lain adalah aplikasi HotelQuickly yang memang aplikasi pemesanan hotel last minute.

Cek juga Travelio, yang memungkinkan penggunanya memesan harga kamar hotel  dengan cara ditawar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com